10 Tempat Wisata Favorit di Bandung Selatan

0
3317
Photo Source: bandungpanduwisata.com

InfoBandung,-

Kota Bandung baru saja kehadiran satu akses jalan tol Soreang-Pasirkoja (Soroja). Dengan hadirnya jalan tol Soroja diklaim bisa menghemat waktu perjalanan dari Kota Bandung menuju Kabupaten Bandung. Biasanya untuk menuju kesana harus terlebih dahulu melewati jalur Kopo-Soreang yang dikenal dengan kemacetannya.

Dengan hadirnya Tol Soroja tersebut, kini warga Kota Bandung akan lebih mudah untuk mengakses beragam tempat wisata yang berada di wilayah Bandung Selatan. Cuacanya yang sejuk, serta masih banyaknya pemandangan alam yang indah membuat destinasi wisata di Bandung Selatan ini menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung kesana.

Untuk mempermudah Kamu mencari tempat wisata di Bandung Selatan, berikut ini Kami hadirkan 10 Tempat Wisata Favorit di Bandung Selatan.

1. Kawah Putih

Photo Source: anekatempatwisata,com

Berlokasi di Jalan Raya Soreang, Sugihmukti, Pasirjambu, Kabupaten Bandung, daya tarik utama dari tempat wisata Kawah Putih ini adalah sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanahnya yang bercampur belerang berwarna putih dan warna airnya yang tampak putih kehijauan ini menjadi salah satu favorit wisatawan untuk mengunjungi Kawah Putih.

2. Situ Patenggang

Photo Source: anekatempatwisata.com

Terletak di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Situ Patenggang menjadi daya tarik wisatawan karena memiliki keindahan wisata alam yang indah berupa hamparan perairan danau yang luas dan berhawa sejuk. Disini juga terdapat sebuah “Batu Cinta” yang konon merupakan tempat bertemunya Ki Santang dan Dewi Rengganis yang melatar belakangi sejarah Situ Patenggang. Selain itu ada juga Pulau Asmara yang memiliki mitos dapat melanggengkan hubungan asmara bagi yang datang kesana.

3. Kawah Rengganis

Photo Source: bandungpanduwisata.com

Kawah Rengganis menawarkan pemandangan alam yang indah. Disini para wisatawan bisa menikmati eksotisme sebuah kawah yang terbentuk dari proses alam meletusnya gunung Sunda purba, jutaan tahun yang lalu. Di Kawah Rengganis ini, salah satu daya tarik lainnya adalah adanya air panas di danau yang bisa dimanfaatkan untuk berendam. Kawah Rengganis berlokasi di Jalan Rancabali, Patengan, Kabupaten Bandung.

4. Perkebunan Teh Rancabali

Photo Source: bandungpanduwisata.com

Perkebunan Teh Rancabali berada di perlintasan jalan dari Kawah Putih ke Situ Patenggang. Disini para wisatawan bisa menikmati eksotisme pemandangan alam yang hijau dan luas. Jika Kamu akan mengunjungi tempat ini, jangan lupa untuk membawa pakaian hangatnya karena perkebunan Teh Rancabali berada di atas ketinggian 1.629 meter di atas permukaan air, yang membuat udara di kawasan ini sangat dingin.

5. Pemandian Air Panas Cimanggu

Photo Source: cimangguciwidey.com

Beralamat di Jalan Raya Ciwidey-Patenggang, KM 13, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung, Pemandian Air Panas Cimanggu bisa menjadi alternatif Kamu untuk mencari tempat pemandian air panas di sekitar Bandung. Disini terdapat beberapa kolam pemandian air panas yang bisa Kamu nikmati. Disini juga terdapat tempat penginapan yang bisa Kamu tempati untuk berekreasi bersama teman atau keluarga.

6. Pemandian Air Panas Ciwalini

Photo Source: gravityadventure.com

Dikelilingi hamparan pegunungan yang indah, Pemandian Air Panas Ciwalini memiliki 2 kolam renang yang bisa dinikmati para wisatawan. Ada kolam umum, dan ada kolam khusus yang untuk Kamu yang menginginkan suasana lebih tenang dan nyaman. Disini juga ada beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti flying fox, ATV Ride, penyewaan sepeda, dan lain-lain.

7. Kampung Cai

Photo Source: kampungcai.com

Dinginnya suhu udara di wilayah Ciwidey melahirkan banyaknya tempat wisata pemandian air panas. Salah satunya adalah Kampung Cai. Berlokasi di Jalan Raya Ciwidey, Patengan , Rancabali, kolam air panas di Kampung Cai bisa menjadi opsi bagi para wisatawan untuk berendam air panas.

8. Barusen Hills

Photo Source: travelingyuk.com

Barusen Hills menjadi salah satu tempat wisata instagramable di wilayah Bandung Selatan. Berlokasi di Kampung Barusen, kecamatan Pasir Jambu, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Barusen Hills menghadirkan pemandangan alam khas pegunungan yang hijau dan sangat indah. Beberapa fasilitas menarik bisa ditemui disini, seperti wisata petualangan, tempat bermain anak, kolam renang,, serta Villa Barusen Hills.

9. Bukit Jamur

Photo Source: wisatabdg.com

Beralamat di wilayah administrative desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Bukit Jamur merupakan sebuah areal perbukitan setengah lingkaran yang menyerupai semacam taman. Disini banyak ditanami sejenis pohon cemara kerdil yang menyerupai tanaman jamur payung. Tempat ini cocok sebagai tempat istirahat sejenak ketika Kamu sedang menikmati perjalanan di Bandung Selatan.

10. Ranca Upas

Photo Source: dolandolen

Populer engan nama Ranca Upas Smart Camp Adventure, tempat wisata yang satu ini berlokasi di Jalan raya Ciwidey Patenggan KM 11, Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Disini para wisatawan bisa melakukan aktivitas camping, jambore, dan lainnya. Lokasi ini juga menjadi salah satu kawasan konservasi hewan Rusa yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung kesini.

Itulah 10 tempat wisata Favorit di Bandung Selatan. Yang mana tempat favoritmu? Atau Kamu punya referensi tempat lain? Silahkan share di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here