Bandung Akan Bangun Silicon Valley, Apasih Silicon Valley Itu ?

2
2779

InfoBandung,-

Silicon Valley, akhir akhir ini istilah tersebut sering terdengar di telinga masyarakat kota Bandung. Yap, istilah ini mulai tidak asing di telinga warga ibukota Jawa Barat ini semenjak walikota Bandung Ridwan Kamil berencana membangun “Kota” baru di daerah Gedebage, Bandung.

Bahkan berdasarkan informasi yang kami himpun, Ridwan Kamil telah menemui Presiden Joko Widodo untuk melaporkan kesiapan kawasan Gedebage menjadi next Silicon Valley beranama Bandung Teknopolis.

Sebuah lahan seluas 800 hektar sudah disiapkan untuk membangun Bandung Teknopolis di kawasan itu. Nantinya perusahaan-perusahaan IT ternama, mulai dari Twitter, RIM, Facebook hingga Kaskus bisa berkantor dan melakukan riset di tempat itu. Termasuk riset ITB juga akan didorong pindah seluruhnya di kawasan tersebut. (Baca juga: Ridwan Kamil Temui Jokowi, Bahas “Silicon Valley” ala Bandung)

Lalu apa sih Silicon Valley itu..?

Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia, Silicon Valley itu berarti lembah silikon. Namun jelas, pengertian dari silicon valley disini bukanlah lembah untuk menampung zat kimia tersebut. Silicon Valley disini adalah julukan bagi daerah selatan dari San Francisco Bay Area, California Amerika Serikat. Julukan ini diraih karena daerah ini memiliki banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang komputer dan semikonduktor. Daerahnya termasuk San Jose, Santa Clara, Sunnyvale, Palo Alto, dll.

Perusahaan-perusahaan yang sekarang menghuni Silicon Valley, di antara lain adalah: Adobe Systems, Apple Computer, Cisco Systems, eBay, Google, Hewlett-Packard, Intel, dan Yahoo!.

Nama Silicon Valley ini pertama kali digunakan oleh seorang entrepreneur sukses dari Central California bernama Ralph Vaerst. Penggunaan secara tertulis pertama kali oleh Don Hoefler, teman Vaerst, yang menggunakan nama ini sebagai judul sebuah artikel seri di koran mingguan Electronic News. Artikel seri ini berjudul “Silicon Valley in the USA” dan dimulai pada edisi 11 Januari 1971 koran ini.

Penyebutan Silicon Valley oleh Ralph Vaerst jelas bukanlah sebuah istilah yang disebut dengan cara sesukanya. Istilah ini dicetuskannya berdasarkan kata Silicon yang mengacu pada kondisi dan situasi para perusahaan besar yang sering terlibat dalam bahan silikon, sebuah bahan yang digunakan untuk membuat produk semikonduktor. Sementara kata Valley berasal dari Santa Clara Valley, yang berlokasi di ujung selatan San Francisco Bay.

Sehingga dari penjelasan singkat diatas dapat dijelaskan bahwa Silicon Valley adalah sebuah kawasan elit tempat berkumpulnya perusahaan teknologi informasi. Kawasan ini juga menjadi kawasan impian bagi para investor maupun bagi para pencari kerja. Dan yang lebih penting, kawasan ini bukanlah kawasan industri semata. Silicon Valleyjuga merupakan kawasan penelitian dan tempat riset yang pada akhirnya menghasilkan sesuatu yang sangat berguna bagi perkembangan teknologi dunia.

And for your information, Jika tidak ada hambatan, Bandung Teknopolis atau Silicon Valley ala kota Bandung ini akan di launching oleh presiden Joko Widodo pada bulan April mendatang.

So, warga Bandung.. ayoo persiapkan diri Anda untuk menyambut Bandung Smart City..!!! (IR/dari berbagai sumber)

Video Silicon Valley – California

https://www.youtube.com/watch?v=qw2TkQMO-i0

Video San Jose, California, USA, Capital of Silicon Valley

2 COMMENTS

  1. sy warga ujungberung.optimis proyek ini bisa terwujud,warga bandung bisa mempunyai banyak kesempatan kerja atau usaha,sy yakin kang emil akan lebih memperhatikan efek positif warga bandung.semoga lebih cepat terealisasi.amin.salam harianbloggerindonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here