Bandung akan Menggelar Festival Seni dan Budaya Sebulan Penuh

0
2345

InfoBandung,-

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bandung ke-207, Pemkot Bandung akan menggelar festival seni dan budaya selama satu bulan penuh. Kegiatan yang bernama Seni Bandung #1 ini dijadwalkan akan dimulai tanggl 25 September – 25 Oktober 2017.

Sekitar 688 kegiatan kesenian dan 2.475 seniman yang terdiri dari sastra, musik, teater, tari, dan seni rupa akan terlibat dalam Seni Bandung #1 yang akan dilaksanakan di 44 lokasi pertunjukan di Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berharap melalui kegiatan Seni Bandung #1 ini bisa menjadikan Kota Bandung sebagai kota yang kaya dengan kebudayaan.

“Ini yang pertama di Indonesia. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, Bandung akan menjadi kota yang kaya dengan kebudayaan. Kota yang hidup karena warganya senang dan bergembira. Bandung bukan hanya semata kota ekonomi, tapi kaya akan seni dan budaya,” kata Emil sapaan akrabnya di Pendopo, Rabu (6/9/2017).

Direktur Eksekutif Seni Bandung#1 yang juga Seniman Bandung, Iman Soleh mengatakan, kegiatan itu diharapkan dapat menarik jumlah wisatawan ke Kota Bandung. Selama ini, Bandung memang sudah sering menyelenggarakan berbagai festival, tapi hanya berlangsung satu hari.

“Dengan kegiatan yang berlangsung sebulan penuh ini diharapkan wisatawan dapat tinggal lebih lama dan menikmati berbagai pertunjukan. Kegiatan seperti ini belum pernah ada di Indonesia,” kata dia.

Sutradara Seni Bandung#1 Heru Hidayat mengatakan, festival ini akan menjadi tempat berkumpulnya para seniman di Kota Bandung. Juga, akan menjadi kegiatan tahunan yang diniatkan sebagai panggung bersama untuk menyampaikan ekspresi artistik kepada warga dengan pengalaman unik.

“Karya seni sesungguhnya baru akan utuh saat bertemu dengan publiknya. Pentas seni Bandung ini akan menjadi kesempatan bagi seniman dan warga menciptakan momen unik. Inilah kesempatan untuk mengapresiasi ragam kesenian, mulai genre tradisi, modern, maupun kontemporer,” paparnya.

Source: senibandung.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here