Bandung akan Miliki Sirkuit di Gedebage

0
1731
Photo source: naikmotor.com

InfoBandung,-

Keinginan untuk para pecinta balap motor memiliki sirkuit di Bandung sepertinya akan segera terwujud. Jika tidak ada kendala, di kawasan Gedebage, tidak jauh dari Stadion Gelora Bandung Lautan Api akan dibangun Bangun Lautan Api Circuit (BLAC).

Rencana pembangunan sirkuit di Gedebage tersebut terungkap dalam pertemuan antara Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dengan Organisasi Masyarakat DPC XTC Bandung beserta para pimpinan instansi terkait di Pendopo Kota Bandung, Selasa (4/7/2017).

Dikutip dari laman Merdeka, Ketua DPC XTC Kota Bandung M Dicky Fauzia yang menggagas dibangunnya sirkuit pertama di Kota Bandung ini mengatakan jika pihaknya telah merancang gagasan tersebut selama dua tahun dan telah bekerjasama dengan beberapa beberapa pihak, termasuk investor.

“Bangunan 4 lantai itu akan memiliki dua jenis lintasan, yakni dengan panjang 2,36 km dan 1,83 km. Lebar jalan pada area ‘start’ selebar 20 meter dan 12 meter pada area jalan track,” kata Dicky.

Nantinya pembangunan sirkuit di Gedebage sepenuhnya akan didanai oleh pihak swasta. Sirkuit tersebut akan memiliki 16 tikungan dan akan di desain yang mampu menampung hingga 11.866 penonton.

Di BLAC ini juga akan dilengkapi beberapa fasilitas pendukung, seperti paddock yang bisa menampung 35 tim, gokart track, racing school, museum otomotif Bandung, dan ritel otomotif. Ada juga media center dan medical center untuk penunjang pertandingan dan latihan.

“Sirkuit ini bisa mewadahi anak muda Bandung yang gemar olahraga balap, agar tidak ada lagi ajang balapan liar yang meresahkan masyarakat,” katanya.

Menurut dia, sejak lama balapan liar sudah menjadi sejarah yang melekat di Kota Bandung yang dikenal dengan istilah Road Race. Pada dasarnya, banyak anak muda Bandung yang memiliki minat yang baik pada jenis olahraga ini.

“Tapi olahraga balap motor kurang bisa diterima oleh masyarakat karena identik dengan balapan liar dan kejahatan seperti begal atau perampokan,” ucapnya.

Sementara itu Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melihat bahwa sirkuit ini tidak sekadar memiliki nilai sosial untuk warga Bandung. Lebih jauh, area ini bisa menjadi pilihan wisata baru bagi wisatawan.

“Bandung itu bisnisnya bisnis kegembiraan. Oleh karena itu, setiap tahun harus selalu ada yang baru karena ekonomi kita bergantung pada sektor pariwisata,” katanya

Pria yang akrab disapa Emil ini menjelaskan, potensi wisata di sirkuit itu tidak hanya hadir saat pertandingan berlangsung. Saat tidak ada pertandingan pun, wisatawan bisa menikmati museum atau menonton latihan.

“Saya mengapresiasi ini sebagai salah satu bentuk destinasi baru di Kota Bandung,” katanya.

Source: merdeka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here