Beberapa Menu Buka Puasa Khas Bandung

4
12404

InfoBandung,-

Mencari hidangan berbuka puasa boleh jadi menjadi salah satu ‘seni’ di bulan Ramadan. Setelah menahan lapar dan haus sekitar 13 jam, rasanya meneguk hidangan yang segar adalah suatu hal yang paling menyenangkan. Atau menyantap makanan ringan yang renyah dan hangat, cukup mengisi perut sebelum menyantap hidangan utama.

Nah untuk menambah referensi hidangan berbuka puasa Anda, berikut ini kami informasikan beberapa menu berbuka puasa khas Bandung.

1. Es Cendol Elizabeth

es-cendol-elizabeth-300x225
foto: klikhotel.com

Es cendol adalah minuman khas Sunda yang terbuat dari tepung beras yang diberi pewarna hijau daun suji yang disajikan dengan santan dan gula merah cair. Di Jawa Tengah, es cendol ini dikenal dengan name es dawet. Es cendol yang paling terkenal di Bandung adalah Es Cendol Elizabeth.

Es Cendol Elizabeth ini dirintis oleh Rokhman yang sejak tahun 1984 berjualan di depan toko tas Elizabeth di Jalan Otista. Es Cendol Elizabeth yang asli berpusat di Jalan Inhoftank No. 64 Bandung dan beberapa cabangnya ada di jalan otista, Merdeka, Buah Batu, Pahlawan, Kopo, Majalaya. Keunggulan Es Cendol Elizabeth terletak pada bahan bakunya yang masih alami, sama sekali tidak menggunakan bahan kimia. Kadar gula dan santannya juga lebih kental. Tak heran jika hidangan ini menjadi menu berbuka puasa khas Bandung

2. Es Campur Oyen

kratonpedia.com
Foto: kratonpedia.com

Siapakah yang belum pernah mendengar tentang Es Oyen? Bisa dikatakan es campur yang paling terkenal di Bandung adalah es oyen. Es Oyen yang sudah dijual sejak tahun 1954 awalnya dijajakan berkeliling sebelum kemudian membuka kedai di Jalan Sukajadi. Hingga kini, Es Oyen masih berlokasi di Jalan Sukajadi.

Es oyen ini isinya terdiri dari berbagai macam buah-buahan yaitu alpukat, kelapa muda, pacar cina, kolang kaling, nangka yang diberi es serut dan susu kental manis. Dengan rasa manis yang pas, pantaslah bila kenikmatan Es Oyen ini tak lekang hingga puluhan waktu berlalu dan selalu menjadi menu berbuka puasa khas Bandung.

3. Es Mang Utuy

foto: klikhotel.com

Tertarik mencicipi Es Kelapa Lemon? Atau Es Kelapa Negro? Es Timun Suri Jeruk? Es Alpukat Negro? Wow, unik-unik ya menunya! Nah menu dessert nan unik ini dapat dinikmati di Jalan Sadewa, tepatnya di gerobak Mang Utuy.

Es kelapa negro adalah es kelapa muda yang dicampur dengan susu kental manis cokelat. Jadi sudah ketebak ya kalau Es alpukat negro itu apa? Hehehe.

Buat yang sedang menderita panas dalam, es timun suri jeruk bisa jadi pilihan tepat. Mang Utuy juga menjual es campur yang recommended untuk dicicipi.

4. Sop Buah

foto: bandungtour.com
foto: bandungtour.com

Sup Buah menjadi pilihan lain hidangan berbuka puasa. Sup Buah juga salah satu menu berbuka puasa khas Bandungs. Di Bandung sendiri ada penjual sup buah yang cukup terkenal yaitu Sup Buah Pak Ewok yang berada di Jalan Mandiri. Di sini anda bisa memilih sendiri buah apa yang ingin dijadikan sup, mulai dari anggur, kelapa muda, strawberry, apel, bahkan durian juga ada. Sup Buah Pak Ewok sangat cocok menjadi hidangan buka puasa.

5. Kolak Macan

Kolak-Macan

Kolak. Hidangan satu ini sudah menjadi ciri khas di bulan puasa. Tak jarang, banyak orang memanfaatkan momentum bulan puasa dengan menjual kolak. Di Bandung, kolak yang cukup terkenal adalah Kolak Macan dan menjadi menu berbuka puasa khas Bandung.

Kolak ini terletak di Jalan Macan 19 tepatnya di Warung Lotek Macan. Disini kolak tersedia dalam berbagai campuran, tidak melulu terbuat dari pisang, ubi, labu dan sejenisnya. Di warung ini anda bisa mendapatkan kolak yang dicampur dengan candil, bubur lemu, bubur sagu dan bubur hanjeli.

 

4 COMMENTS

  1. […] Kolak ini terletak di Jalan Macan 19 tepatnya di Warung Lotek Macan. Disini kolak tersedia dalam berbagai campuran, tidak melulu terbuat dari pisang, ubi, labu dan sejenisnya. Di warung ini anda bisa mendapatkan kolak yang dicampur dengan candil, bubur lemu, bubur sagu dan bubur hanjeli. Di Bulan Puasa ini peminat Kolak Macan sudah tentu berlipat. Hadir jauh sebelum waktu berbuka puasa akan lebih safetymendapatkan hidangan ini. (sumber) […]

LEAVE A REPLY