Bus Damri Jadul akan Kembali Berjalan di Kota Bandung

0
776
Bus Damri jaman dulu. (Photo Source: IG: pecinta_damri)

InfoBandung,-

Warga Bandung masih ingat dengan bus Damri legendaris berwarna dasar putih dengan polet garis biru tua dan biru muda? Bus yang kini telah “dipensiunkan” karena diganti oleh kendaraan yang lebih baru tersebut rencananya akan kembali mengaspal di jalanan Kota Bandung loh.

Yap, bus Mercedes Benz OF 1113 ini sempat beroperasi menjadi salah satu transportasi umum favorit di Kota Bandung pada tahun 1988 hingga 2015 yang lalu. Bus ini menjadi andalan bagi masyarakat pada zamannya.

“Dulu kita punya sekitar 40 unit yang disebar untuk semua trayek. Pada zamannya, ini dulu bus yang paling keren,” ujar Manajer Teknik Perum Damri Bandung, Arief Effendi, Selasa (28/11/2017) dikutip dari laman Detikcom

Pada saat bus ini masih beroperasi, transportasi umum yang satu ini merupakan yang paling tangguh di kelasnya. Dari kapasitas tempat duduk 48 orang, bus ini bisa menampung hingga tiga kali lipatnya.

Meskipun tidak terdapat AC, para penumpang tetap rela berdesakan untuk naik bus ini, karena pada saat itu transportasi ini merupakan satu-satunya angkutan dalam kota dengan trayek yang panjang dan harga yang terjangkau.

Saat ini bus milik Perum Damri tersebut akan direkondisi dan akan dijadikan sarana wisata yang akan mengantarkan wisatawan dari satu titik ke titik lain di Kota Bandung.

“Jadi nanti bukan buat bus kota lagi. Tapi antar wisatawan ke tempat wisata di Kota Bandung,” ujar Arief.

Arief berharap keberadaan bus legendaris tersebut akan membuka memori wisatawan terutama bagi mereka yang dulu kerap menggunakan bus damri tersebut sebagai sarana transportasi umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here