Destinasi Wisata Purba di Bandung

2
10211

InfoBandung,-

Sampurasun! Tahu gak sih kalau dulu Bandung adalah sebuah danau besar (Situ Hyang) yang membentang dari timur Nagreg sampai ke barat di Padalarang. Mitos danau purba Bandung memang menarik untuk dibahas. Nah kali ini, tim InfoBandung bakalan ngajak kamu untuk menelusuri sisa keindahan danau purba Bandung yang menarik untuk dikunjungi.

Sanghyang Tikoro

sanghyang tikoro
source: empinvina.files.wordpress.com

Di sini kamu bakal nemuin goa misterius yang konon merupakan salah satu tempat aliran danau purba Bandung tatkala jebol. Letak Sanghyang Tikoro cukup tersembunyi. Karena banyak cerita mistis, katanya belum pernah ada yang berani untuk masuk ke gua tersebut, serem juga yah..

Sanghyang Poek

sanghyang poek
source: dwilestariyuniawati.files.wordpress.com

Gua Sanghyang Poek seperti celah yang dibebani tebing tinggi. Di sekitar gua sebelum ke Sanghyang Poek terdapat batu-batuan besar. Untuk melaluinya kamu harus berjalan miring mengikuti kontur. Setelah memasuki mulut gua, terdapat tiga lorong, lorong yang berada di tengah merupakan lorong menuju Sanghyang Poek. Sanghyang Poek hanya berjarak kira-kira 10 menit jalan kaki dari Sanghyang Tikoro.

Sanghyang Heuleut

Lokasi-Sanghyang-Heuleut
source: sebandung.com

Ini tempat yang paling hits. Kamu bakalan dapetin view yang indah. Sebuah danau yang di bagian atasnya dialiri gemericik air dari Sungai Citarum purba. Sanghyang Heuleut ini disebut sebagai danau purba karena bisa dilihat dari formasi bebatuan yang ada di sini. Ada legenda di danau ini, dimana dipercaya tempat mandinya para bidadari.

Gua Pawon

pawon
source: http://siliwangitrans.com/

Disini kamu bakalan dapetin sejarah tentang manusia purba. Fosil manusia purba ditemukan oleh para arkeolog di Gua Pawon ini. Terletak di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Padalarang. Kamu bisa melakukan olahraga panjat tebing karena tanahnya berupa karst yang sangat menantang untuk di kunjungi. Tapi jangan khawatir, kalau kamu bukanlah pecinta alam, kamu juga  bisa menikmati gua yang memiliki luas 300 meter persegi.


(Robby Darmawan/IR)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here