Hari Bumi, Walhi Jabar Ajak Masyarakat Stop Konsumsi Berlebih

0
322

 

earth day

Sekitar 10 orang aktivis dari Walhi Jabar menggelar aksi dalam rangka memperingati Hari Bumi di depan Mal Bandung Indah Plaza, Jalan Merdeka, Senin (22/4/2013). Dalam aksinya, mereka menyebarkan kampanye ‘Stop Over Konsumsi’ sebagai salah satu cara untuk menjaga bumi dan memelihara lingkungan.

Para aktivis ini masing-masing membawa sejumlah poster dengan mulut yang tertutup lakban hitam. Mereka pun berdiri di depan pintu masuk mal.

Tulisan pada poster-poster yang dibawa di antaranya berisi ‘Bumi ini cukup untuk semua orang tapi tidak cukup untuk satu orang serakah’, ‘Bumi ini bukan hanya tentang kamu, tapi kita’, ‘Apalagi yang mau kamu kuras dari bumi ini’, ‘Kamu serakah’ dan ‘Mau nyampah plastik lagi?’.

“Aksi di Hari Bumi kali ini, kami mengambil isu soal over konsumsi. Bagaimana manusia terlalu banyak menghabiskan sumber daya bumi sementara bumi tak sangggup lagi,” ujar Sawung, Ketua Divisi Advokasi dan Kampanye Walhi Jabar saat ditemui disela aksi.

Ia menuturkan, begitu banyak sampah dan limbah yang dihasilkan akibat besarnya tingkat konsumsi masyarakat. Mulai dari konsumsi pangan dan sandang. Untuk konsumsi pangan, Sawung menyebut banyak masyarakat yang membuang-buang makanan.

“Dari sampah yang ada, 60 persennya merupakan sampah organik. Itu berarti pemanfaatan makanan tidak maksimal. Seharusnya beli sesuai kebutuhan. Jangan buang-buang makanan,” katanya.

Sementara untuk sampah sandang seperti pakaian, budaya masyarakat saat ini seringkali membeli pakaian baru padahal masih memiliki banyak pakaian yang layak. “Konsumsi baju sekarang ini dipengaruhi perkembangan mode. Semakin banyak diikuti, semakin banyak limbahnya,” tutur Sawung.

Walhi melalui aksinya mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam mengkonsumsi barang sebagai bentuk kepedulian pada bumi. Cara sederhana lainnya yang bisa dilakukan yaitu dengan mengurangi sampah plastik.

Aksi di depan Mal BIP ini kemudian dilanjutkan ke Jembatan Via Duct. Disana, rencananya mereka akan menggambar soal isu lingkungan pada spanduk yang mereka bawa.

(tya/ern)

Sumber : Detik

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here