Hidangan Ini Selalu Ada di Saat Lebaran Tiba

0
6337

InfoBandung,-

Tidak terasa, hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Aura menuju hari kemenangan umat Islam sudah mulai terasa saat ini. Setidaknya beberapa tradisi menuju lebaran sudah terlihat di pusat perbelanjaan, arus lalu lintas jalur mudik, dan lainnya.

Berbicara Idul Fitri atau lebaran, satu hal yang tidak pernah terlepas adalah aneka hidangan makanannya yang tentu saja sangat ditunggu. Sepertinya hampir disetiap rumah memiliki hidangan lebaran yang sama, lalu apa saja sih menu makanan yang selalu ada di saat lebaran?

1. Ketupat

Cooked-Ketupat-Bawang

Sepertinya menu makanan ini merupakan menu wajib saat lebaran tiba. Ketupat adalah makanan berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa (janur) yang masih muda. Saat lebaran tiba, biasanya ketupat menjadi menu utama pengganti nasi. Tak heran jika menjelang hari raya idul fitri, banyak penjual kulit ketupat bergentayangan.

2. Opor Ayam

Resep Membuat Opor Ayam

Opor ayam merupakan masakan yang sangat dikenal di Indonesia. Opor ayam diklaim berasal dari daerah berbudaya Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur sebelah barat. Meskipun demikian, masakan ini juga telah dikenal luas di daerah lain.

Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Di Indonesia menu opor ayam selalu menjadi hidangan utama menemani kupat.

3. Kue Nastar

Kue-Nastar

Nastar adalah sejenis kue kering dari adonan tepung terigu, mentega dan telur yang diisi dengan selai buah nanas. Asal katanya dari bahasa Belanda ananas dan taart. Nastar biasanya berbentuk bulat dengan diameter sekitar 2 cm, di atasnya sering dihias dengan potongan kecil kismis atau cengkeh.

4. Sambal goreng kentang

Sambal-Goreng-Kentang-Kapri

Nah ini dia satu lagi makanan yang tidak boleh ketinggalan saat lebaran, Sambal Goreng Kentang. Potongan kentang berbentuk dadu yang diolah dengan berbagai rempah pilihan ini biasanya juga dicampur dengan hati sapi, ampela, pete dan wortel. Citarasa sambal goreng kentang yang pedas dan warnanya yang menarik pastinya akan membuat ketupat yang disantap menjadi lebih nikmat.

5. Manisan Kolang-kaling

Resep-Manisan-Kolang-kaling

Kolang-kaling (buah atap) adalah nama cemilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Kolang kaling dibuat dari biji pohon aren (Arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah. Kandungan karbohidrat yang dimiliki kolang kaling bisa memberikan rasa kenyang bagi orang yang mengonsumsinya, selain itu juga menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun, sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.

Pada saat lebaran, kolang-kaling menjadi salah satu menu hidangan yang favorit. Biasanya, manisan kolang-kaling akan dicampurkan dengan soft drink yang berwarna sehingga membuat tampilan dan rasa kolang-kaling menjadi lebih segar.

Lalu bagaimana dengan kamu? hidangan favorit apa sih yang paling kamu tunggu saat lebaran? yuk sharing di kolom comment 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here