Anda mungkin tertarikclose
Home » Berita Umum » Himbauan Ridwan Kamil Dengan Hijaukan Sekolah di Bandung

Himbauan Ridwan Kamil Dengan Hijaukan Sekolah di Bandung

by Editorial on 19th-September-2013
Share Button



Walikota Bandung Ridwan Kamil

Walikota Bandung Ridwan Kamil

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menghimbau seluruh sekolah di Bandung agar dihijaukan. Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, juga akan menggalakan school farming yang konsepnya sama dengan Indonesia Berkebun, program yang sudah ia gulirkan jauh sebelum menjadi wali kota.

“Harus ada tumbuhan atau tanaman, supaya segar. Harus ada pohon besar juga biar ada nilai tambah. Jadi selain daunnya yang segar, ada bunga yang bisa dihinggapi kupu-kupu atau buah-buahan yang bisa dipanen,” ujarnya usai menerima Tim Penilai Kesehatan Sekolah di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kamis (19/9/2013).

Selain itu, kata Emil, ia akan menggalakan konsep school farming di mana sekolah menanam bayam atau kangkung, yang setiap bulan bisa dipanen. “Jangan ada lagi dinding yang menganggur, harus ditamani tanaman rambat. Pokoknya sepanjang mata memandang harus hijau, biar konsentrasi saat belajar,” katanya.

Setiap seminggu dua kali, kepala sekolah harus melakukan operasi semut, yaitu bebersih lingkungan sekolah. “Bukan hanya area sekolah tapi juga jalan di sekitarnya. Di dalam dan di luar sekolah,” tandasnya.

Semua konsep tersebut akan secepatnya diberlakukan bagi tiga sekolah yang dipilih menjadi percontohan sekolah teladan di tingkat nasional, yaitu SD BPI, SMP 2, dan SMA 8. “Gerakan sekolah sehat dan hijau ini bukan hanya untuk tiga sekolah tapi diterapkan juga di seluruh sekolah di Bandung,” tegas Emil.

Lebih lanjut untuk mewujudkan Bandung Agamis, lanjut Emil, nanti para siswa akan ditambah absensi mengaji dan solat berjamaah di masjid sekitar rumah masing-masing. “Saya kira itu kombinas sekolah juara,” pungkasnya.

sumber: detik

Editor: Rizzy

Share Button
Category: Berita Umum.
Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Reload the CAPTCHA code

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>