Jangan Abaikan Sarapan Pagi

0
1431
healthy breakfast with egg

 

InfoBandung,-

Sarapan pagi dengan teratur dan gizi yang seimbang tidak hanya menjadi bekal energi untuk beraktifitas, tetapi juga bisa mencegah risiko kegemukan.

Pada malam hari, tubuh seperti dalam keadaan puasa. saat tidak ada asupan, kadar glukosa pada tubuh akan berkurang. Hal ini bisa menyebabkan terganggunya fungsi organ tubuh, terutama otak.

Sarapan pagi sebelum memulai aktifitas sangatlah penting. Selain itu konsumsi kudapan di antara waktu makan utama bisa membantu untuk menstabilkan kadar glukosa darah. Sarapan pagi juga bermanfaat untuk mencegah agar makan siang tidak berlebihan. Hal ini bisa mencegah kegemukan.

Kesadaran untuk sarapan pagi bagi masyarakat Indonesia ternyata masih sangat rendah. Menurut survei yang dilakukan di lima kota besar di Indonesia menunjukkan 17 persen orang dewasa tidak sarapan, dan 13 persen tidak sarapan setiap hari. Sementara untuk anak-anak, jumlah yang tidak sarapan berkisar 17 persen di Jakarta hingga 59 persen di Yogyakarta.

Data konsumsi pangan dari Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2012 menunjukkan 26,1 persen anak Indonesia hanya sarapan dengan minum air saja. Kecenderungan lain, sebanyak 44,6 persen orang mengonsumsi sarapan tidak dengan asupan gizi yang baik dan cukup untuk tubuh.

Seharusnya sarapan yang baik bisa memenuhi sekitar 15-25 persen dari kebutuhan gizi harian. Selain itu makanan untuk sarapan harus mengandung cukup serat, rendah lemak, dan mengandung karbohidrat kompleks. Kebiasaan sarapan bagi sebagian orang Indonesia hanya mengonsumsi karbohidrat ditambah sedikit protein, seperti mi goreng, nasi goreng dengan telur, atau nasi uduk dengan bihun.

Orangtua berperan besar dalam mengatur dan memberi contoh pola makan anak. Jika waktu menyiapkan sarapan terbatas, orangtua bisa menyiapkan makanan sederhana tetapi mengandung gizi tinggi, seperti sereal dilengkapi susu atau roti gandum isi sumber protein.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here