Kampung Cibunut, Kampung Berwarna di Kota Bandung

0
934
Photo Source: Humas Pemkot Bandung

InfoBandung,-

Semangat gotong royong dan kolaborasi cukup kental terasa di Kota Bandung. Salah satunya terlihat di Kelurahan Kebon Pisang, Kecamatan Sumur Bandung. Tepatnya di sebuah gang di Jalan Sunda. Warga disini berhasil menyulap kawasan mereka yang semula terlihat biasa saja, kini disulapnya menjadi menarik dan lebih berwarna.

Sejak tahun 2015, warga disini menggaungkan semangat gotong royong untuk membangun kampung yang ramah lingkungan. Sebuah pabrik cat pun mendukung mereka dengan memberikan ratusan kaleng cat untuk rumah-rumah di kampung tersebut. Hasilnya pun istimewa.

Sekitar 500 rumah dari 9 RT di Kelurahan Cibunut ini melaksanakan program Cibunut Berwarna. Warga bergotong royong mengecat bangunan dan jalan dengan warna yang terang dan cerah. Program ini juga melibatkan Komunitas Mural Bandung yang menambah pewarnaan Kampung Cibunut ini semakin menarik.

Yang menambah keren,dari setiap RT tersebut memiliki lukisan mural yang disusun dengan 5 tema yang berbeda, mulai dari lingkungan, perdamaian, kaulinan budak, sejarah, hingga pendidikan.

Dikutip dari laman Detikcom, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyambut baik aksi dari warganya tersebut. Ia mengatakan program Cibunut Berwarna ini sejalan dengan pembangunan Kota Bandung yang mempunyai Program Kebahagiaan.

“Di Bandung mah boleh hidup pas-pasan tapi jangan sedih. Beda sama Jakarta. Bandung mah warganya tidak ada yang cemberut,” ujarnya.

Emil sapaan akrabnya pun mengatakan bukan tidak mungkin jika program tersebut diadposi di kawasan lain di Kota Bandung.

“Insya Allah kalau ini berhasil kita adopsi di tempat lain. Paling dekat mungkin Braga yang banyak dikunjungi wisatawan,” ujar Emil.

Untuk mewujudkan Kampung Cibunut Berwarna ini, selain warga sekitar juga melibatkan kerjasama dari berbagai pihak, diantaranya Ikatan Alumni ITB, perusahaan cat Dulux, Smaga SMA 3 angkatan 89, GSSI, dan Komunitas Mural Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here