LRT Bandung Koridor I Siliwangi-Leuwipanjang akan Dikerjakan Singapura

0
719

InfoBandung,-

Pembangunan Light Rail Transit (LRT) Kota Bandung koridor satu dengan rute Babakan Siliwangi-Leuwipanjang rencananya akan dikerjakan oleh Singapore Mass Rapid Transit (SMRT). Perusahaan bus dan kereta api asal Singapura itu menjadi calon pemenang lelang tunggal. Selain itu, nilai investasi sebesar USD 260 juta bisa dicicil melalui sistem Public Private Partnership (PPP).

“Jadi cicilan dari Pemkot Bandung bisa lebih murah karena teknologi yang ditawarkannya juga lebih murah,” kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di rumah dinasnya, Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Selasa (2/2/2016).

Pria yang akrab disapa Emil itu menilai, jika nilai investasinya murah, maka tarif LRT koridor satu tersebut bisa terjangkau masyarakat.

“Nanti tarifnya juga bisa terjangkau, mulai Rp 6.000 hingga Rp 8.000 sekali jalan,” jelasnya.

Rencananya Emil ingin menyingkronkan LRT koridor satu tersebut dengan LRT koridor dua dengan rute Cimindi-Gedebage yang rencananya akan dibangun oleh konsorsium PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) sebagai satu paket pengerjaan kereta cepat koridor Jakarta-Bandung.

“Setelah pengumuman pemenang lelang Maret, kita bisa groundbreaking. Mudah-mudahan LRT koridor satu dan dua bisa selesai berbarengan,” tandasnya.

sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here