Pelaku Pemberi Rokok kepada Orangutan di Kebun Binatang Bandung Diancam Hukuman Pidana

1
594

InfoBandung,-

Jagad media sosial dihebohkan dengan sebuah video yang beredar luas berisi seorang pengunjung Kebun Binatang Bandung yang melemparkan puntung rokok kepada seekor orang utan. Video tersebut bermula diunggah oleh salah satu pengguna Facebook yang juga seorang aktivis pecinta hewan bernama Marison Guciano.

“Orang utan di Kebun Binatang Bandung ini diberi rokok oleh pengunjung yang bodoh. Pengunjung tidak tahu bagaimana cara menangani hewan, namun kurangnya pengawasan oleh pengelola kebun binatang adalah juga sebuah persoalan, dan merupakan salah satu isu yang harus diatasi. Indonesia saat ini membutuhkan standar kesejahteraan hewan di kebun binatangnya,” tulis Marison.

Menanggapi viralnya video tersebut, Kapolrestabes Bandung Hendro Pandowo mendatangi Kebun Binatang Bandung pada Rabu (7/3/2018). Ia mengatakan jika pihak kepolisian akan memburu pelaku pemberi rokok tersebut.

“Pengalaman yang di Bogor, orang utan diberikan air minuman keras. Saat itu diberi pasal 302 KUHP, penganiayaan ringan, penganiyaan terhadap binatang,” ujar Hendro seperti diberitakan laman Pikiran Rakyat.

Sebagai tindak lanjutnya, Hendro akan menggelar rapat dengan pengelola Kebun Binatang Bandung.

Sementara itu pihak Kebun Binatang Bandung sudah mendapatkan video dan foto pelaku pemberi rokok pada orangutan.

“Kami sangat bersyukur dengan viralnya video tersebut, sehingga sanksi sosial bisa diterima oleh pelaku pelanggaran tersebut. Kami pun menyesalkan dengan beredarnya video tersebut, karena memberikan contoh yang tidak baik pada masyarakat,” ujar Humas Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafii.

Setelah aksi tidak terpuji yang dilakukan pengunjung tersebut, pihak Kebun Binatang Bandung memastikan orangutan bernaman Ozon berusia 22 tahun ini dalam kondisi yang sehat.

Seorang pengguna facebook dengan akun Marison Guciano mengupload sebuah video yang memperlihatkan tingkah laku pengunjung Kebun Binatang Bandung yang tidak terpuji. . . “Orang utan di Kebun Binatang Bandung ini diberi rokok oleh pengunjung yang bodoh. Pengunjung tidak tahu bagaimana cara menangani hewan, namun kurangnya pengawasan oleh pengelola kebun binatang adalah juga sebuah persoalan, dan merupakan salah satu isu yang harus diatasi. Indonesia saat ini membutuhkan standar kesejahteraan hewan di kebun binatangnya.” Tulis Marison yang juga seorang aktifis pemerhati hewan ini. . . Rekaman video tersebut diambil pada tanggal 4 Maret 2018. . . Jangan diikuti yaa warga Bandung..! . . 📽 Facebook Marison Guciano . . #bandung #infobandung #kebunbinatangbandung

Sebuah kiriman dibagikan oleh INFOBANDUNG (@infobandung_) pada

1 COMMENT

  1. sengaja atau tidak sengaja, kelakuan perokok yang buang puntung rokok ke orangutan itu, mencerminkan salah prilaku sementara orang Indonesia (orang Bandung) yang sama sekali tidak peduli kebersihan lingkungan dan tidak peduli kepada peri-kebinatangan. Apakah ia khilaf?, no, itu tampaknya kebiasaan dan ketidak pedulian yang merusak. Menurut saya orang tersebut, dan dan siapa saja yang berperilaku seperti itu,… PERLU DIBINA….!!!! sudah jelas ada larangan tetap dilanggar. tidak baca? No, itu kebodohan dan cermin kecongkakan. sama saja dengan “dilarang buang sampah di sini”.., Tapi orang2 bloon tetap saja buang sampah di situ; “dilarang kencing di sini”, eh, malah sengaja kencing di situ seolah mau menantang…” mau apa lu, emang gue pikirin…?!” Kita ini mau jadi bangsa apa kelak bila banyak orang-orang muda berperilaku begitu… quo vadis? orang-orang yang sudah cukup umur, bahkan masih seperti itu, meberi contoh yang tidak baik kepada generasi lebih muda. Untuk kasus itu, biarlah sisa-sisa umurnya toh akan segera berlalu berikut dengan segala prilakunya yang “jorok”… semoga guru-guru, terutama di Sekolah sekolah dasar lebih gencar memasukan kurikulum budi pekerti dan citizenship yang mendukung pembangunan jiwa dan raga para pewaris NKRI kita ini…… Aaamiin…!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here