Pemkot Bandung Bentuk Lembaga Khusus untuk Mengurus Lansia

0
361
Komisi Daerah Lanjut Usia (KOMDA LANSIA) Kota Bandung tahun 2017 yang secara Ex Officio diketuai oleh Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial. (Photo Source: humas Kota Bandung)

InfoBandung,- 

Sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah Kota terhadap warganya yang sudah memasuki usia lanjut, Kota bandung membentuk Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia). Komisi ini merupakan lembaga yang pertama kalinya ada di Indonesia yang akan mewadahi segala hal terkait lansia.

“Dengan adanyanya bidang khusus, lansia di Kota Bandung ini terakomodir dan diurus secara baik,” ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dikutip dari laman Detikcom.

Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan jika saat ini sudah sepatutnya ada sebuah lembaga yang secara khusus merawat para lansia. Dengan adanya lembaga tersebut diharapkan aspek kesehatan, tata ruang, dan kehidupan sehari-hari para lansia bisa diperhatikan secara khusus. Sehingga taraf hidup lansia bisa lebih bahagia.

“Alhamdulillah kota Bandung kota pertama yang melaksanakan rakor dan pengukuhan. Saya harap lansia di Bandung menjadi lebih bahagia dan nyaman tinggal di Bandung,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Komda Lansia Kota Bandung yang juga Wakil Wali Kota Bandung Oded M denial mengatakan hadirnya Komda Lansia ini adalah salah satu bagian dari menjalankan ibadah dalam agama Islam.

“Dalam Al Quran dan tafsir menjelaskan, satu satunya pesan yang Allah sampaikan kepada umat manusia adalah agar seluruh umat manusia bersikap memuliakan orang tua. Hal itu disampaikan bahwa kita sebagai manusia memiliki orang tua yang harus diperhatikan sebaik mungkin. Karena di waktu yang akan datang, kita pun akan menjadi orang tua,” tuturnya.

Sebagai generasi muda, menurut Oded, sudah sepatutnya memperhatikan kaum lansia. “Semua orang yang umurnya di atas kita itu merupakan orang tua. Maka hormati dan sayangi selalu,” tandas Oded.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here