Walikota Bandung Ridwan Kamil

Walikota Bandung Ridwan Kamil

 

Bandung,Infobandung.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memberi waktu selama tiga bulan kepada seluruh pelaku usaha kalangan besar ataupun kecil untuk mendaftarkan izin usahanya ke pihak Pemkot Bandung. Hal ini dilakukan untuk menerapkan ketertiban para pelaku usaha di Kota Bandung.

“Kita wacanakan untuk pemutihan perizinan. Dalam tiga bulan ini, kita imbau mereka untuk mendaftar. Kalau teknisnya nanti sedang dirumuskan oleh tim,” Ujar walikota Bandung Ridwan Kamil, Jum’at (2/5/2014).

Wacana pemutihan perizinan ini dilontarkan Ridwan Kamil ditengah obrolan menyangkut banyaknya pelanggaran perizinan reklame di kota Bandung.

Emil menambahkan jika kebijakan ini diambil untuk menertibkan tata perizinan usaha di Kota Bandung. “Semua pelaku usaha, besar dan kecil. Semua yang menghasilkan uang, apapun juga. Warung termasuk,” ucap Emil.

Rencana pemutihan izin usaha ini dilepaskan dulu dari persoalan hitung-hitungan pajak. Fokusnya pendataan perizinan secara menyeluruh. “Harapannya, semua usaha di Bandung ini memiliki sertifikat izin yang jelas, setelah terdaftar, baru urusan pajak,” tambah Emil.

Saat ini Pemkot Bandung masih memiliki banyak masalah dengan perizinan. Salah satunya yang sudah bertahun-tahun bermasalah adalah perizinan reklame. Setiap tahun pemkot harus menertibkan lebih dari 1.000 reklame illegal.

Sementara itu Kepala Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT), Maryun menuturkan, terkait wacana pemutihan perizinan di Kota Bandung, BPPT masih menunggu payung hukum yang jelas. Aturan tersebut sangat penting untuk melaksanakan pemutihan perizinan tersebut.

“Kami menunggu payung hukum dulu, entah peraturan daerah atau minimal surat keputusan walikota, setelah ada payung hukumnya, tim pelaksana tugas di lapangan bisa melakukan pekerjaannya sesuai dengan juklak dan juklisnya,” ujar Maryun, Jum’at (2/5/2014). (ham)

 

Ridwan Kamil : Semua Tempat Usaha di Bandung Harus Berizin
0.00(0 votes)

Post by Redaksi

Comment(0)

Leave a Comment