Salah Kirim Pesan, Begini Cara Hapus Chat di WhatsApp

0
1636

InfoBandung,-

Pada akhir Oktober yang lalu, WhatsApp merilis fitur unsend untuk menghapus pesan yang salah kirim. Fitur tersebut bisa dilakukan pengguna WhatsApp yang baru terkirim dengan batas waktu maksimal 7 menit. Lewat dari waktu tersebut, pesan yang Kamu kirim tidak akan bisa dihapus lagi.

Tapi ternyata ada trik khusus untuk bisa menghapus pesan yang sudah terkirim lewat dari batas waktu 7 menit. Cara ini bisa dilakukan di aplikasi WhatsApp untuk Android dan iPhone. Dirangkum dari laman KompasTekno, berikut ini cara menghapus pesan di WhatsApp.

  1. Matikan koneksi internet ponsel (Wi-Fi dan mobile data).
  2. Matikan aplikasi WhatsApp dengan menutup jendela aplikasinya.
  3. Buka menu settings ponsel dan ubah tanggal menjadi sebelum hari pengiriman pesan yang ingin dihapus (misalnya diubah jadi tanggal kemarin).
  4. Buka WhatsApp dan cari pesan yang ingin dihapus.
  5. Lakukan langkah penghapusan pesan seperti biasa, yakni dengan menyentuh dan menahan pesan, lalu memilih ikon tong sampah.

WhatsApp akan kembali menampilkan opsi delete for everyone yang tadinya sudah menghilang apabila pesan berumur lebih dari 7 menit.

  1. Kembalikan settings tanggal ponsel ke waktu yang benar.
  2. Nyalakan kembali sambungan internet.
Photo Source: Kompas

Setelah ponsel kembali ke tanggal semula dan tersambung dengan koneksi internet, pesan WhatsApp yang dihapus melalui trik ini akan tetap terhapus. Sehingga Kamu bisa menghapus pesan apapun yang sudah melewati batas waktu 7 menit.

Di tempat pesan yang dihapus, WhatsApp akan menampilkan tulisan you deleted this message sehingga lawan bicara dalam sebuah chat/grup akan tetap mengetahui bahwa pengguna telah menghapus pesan terkait.

Pesan akan tetap terhapus ketika pengguna membuka chatting lewat WhatsApp web. Namun, trik ini mesti dilakukan dari ponsel, tidak bisa dari WhatsApp web di desktop.

Trik di atas bisa dilakukan untuk menghapus pesan yang dikirim hingga dua hari lalu (kemarin lusa) dari tanggal saat ini. Lebih dari itu, aplikasi WhatsApp akan menolak dibuka dan menampilkan pesan bahwa tanggalan ponsel tidak akurat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here