Sebelum Belanja Online, Simak Tips Berikut Ini

0
1954

InfoBandung,-

Di era digital saat ini, hampir semua kebutuhan manusia bisa diperoleh hanya dengan memanfaatkan ponsel pintar. Mulai dari kebutuhan transportasi, mencari hidangan kuliner, hingga berbelanja produk apapun yang kita perlukan kini bisa didapatkan melalui sistem online. Dengan kondisi tersebut, kini banyak bermunculan toko online dengan beragam produk yang dijual.

Tapi dengan banyaknya kemudahan dalam bertransaksi secara online tidak langsung membuat semua orang memanfaatkan fasilitas tersebut. Tidak sedikit orang-orang menghindari transaksi online karena meragukan faktor keamanannya.

Nah, untuk mencegah terjadinya penipuan serta meningkatkan kenyamanan dan keamanan saat berbelanja online, berikut beberapa tips aman yang bisa Kamu lakukan saat berbelanja online.

  1. Gunakan website atau pelayanan e-commerce yang dikenal, atau yang biasa digunakan orang-orang di sekitar Kamu saat berbelanja online.
  2. Cari pilihan “lock” pada browser Kamu. Dengan begitu Kamu akan mengetahui apakah situs yang Kamu buka itu aman untuk dikunjungi.
  3. Ikuti terus perkembangan transaksi Kamu. Apabila ada sesuatu yang mencurigakan segera hubungi Customer Servicepada website tersebut atau langsung hubungi Bank tempat kamu transaksi.
  4. Pastikan password yang Kamu gunakan kuat, minimal terdiri dari delapan karakter yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka.
  5. Jangan gunakan password yang sama di beberapa toko online yang berbeda.
  6. Jangan pernah abaikan syarat dan ketentuan yang berlaku. Pastikan Kamu selalu baca dan pahami isinya sebelum melakukan pembelian.
  7. Pastikan anti virus yang Kamu gunakan dalam keadaan update dan hindari pop up.
  8. Jika Kamu merasa ragu dalam pembayaran, jangan takut untuk menghubungi customer service untuk bertanya lebih jelas.
  9. Jika Kamu merasa tertipu dengan transaksi online yang Kamu lakukan, segera hubungi Bank tempat Kamu transaksi.

Selamat berbelanja warga Bandung…

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here