Sejarah Singkat Piala Presiden

0
915

InfoBandung,-

Menjelang bergulirnya kompetisi sepakbola Indonesia Liga 1, pada tahun 2018 ini klub-klub di Indonesia kembali akan mengikuti turnamen pra musim bertajuk Piala Presiden. Dalam gelarannya tahun ini, sebanyak 20 tim yang terdiri dari 18 tim Liga 1 dan 2 tim peserta Liga 2 akan dibagi ke dalam lima grup yang masing-masing akan diselenggarakan di 5 kota berbeda.

Kota Bandung akan menjadi tuan rumah Grup A. Bertempat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, grup ini diisi oleh Persib Bandung, PSM Makassar, PSMS Medan, dan Sriwijaya FC.

Baca juga: Jadwal Pertandingan Piala Presiden 2018

Di Grup B,  dihuni Mitra Kukar, Persipura Jayapura, Martapura FC, dan Barito Putera. Keempat tim tersebut akan melakukan pertandingan babak penyisihan di Stadion Batakan, Balikpapan.

Juara Liga 1 musim 2017, Bhayangkara FC tergabung di Grup C bersama Arema FC, PSIS Semarang, dan Persela Lamongan. Babak penyisihan Grup C akan dilangsungkan di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali akan menjadi tempat penyelenggaraan babak penyisihan Grup D yang berisikan Bali United, Persija Jakarta, PSPS Pekanbaru, dan Borneo FC.

Di Grup terakhir, Grup E, Kota Surabaya akan menjadi tuan rumah penyelenggara. Bertempat di Stadion Gelora Bung Tomo, Grup E akan diisi oleh Persebaya Surabaya, Madura United, Perseru Serui, dan PS TNI.

Piala Presiden 2018 ini merupakan kali ketiganya diselenggarakan. Piala Presiden yang pertama digelar pada tahun 2015. Pada saat itu Piala Presiden dihadirkan sebagai pengganti Liga Super Indonesia setelah PSSI dinyatakan terkena sanksi FIFA pada bulan Mei 2015. Melihat kosongnya turnamen sepakbola di Indonesia, Mahaka Sports and Entertainment menggagas Piala Presiden.

Edisi pertama Piala Presiden ini dibuka di Gianyar, Bali pada 30 Agustus 2015 dengan menghasilkan tim Persib Bandung sebagai kampiun setelah mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Setahun kemudian, PSSI yang masih terjerat sanksi tidak bisa menggelar kompetisi resmi. Wacana menggulir kembali kompetisi Piala Presiden pun mencuat. Namun urung dilangsungkna karena pada tahun 2016 Gelora Trisula Semesta menggagas turnamen dengan konsep liga yang diberi nama Indonesia Soccer Championship.

Piala Presiden pun baru kembali terlaksana pada tahun 2017. Pada tahun ini PSSI yang telah terbebas dari sanksi FIFA mengambil alih penyelenggaraan Piala Presiden sebagai turnamen pra musim menjelang bergulirnya Liga Indonesia. Pada Piala Presiden 2017 ini, Arema FC keluar sebagai juara setelah pada partai final yang diselenggarakan di Stadion Pakansari, Bogor mengalahkan Pusamania Borneo FC dengan skor 5-1.

Pada tahun 2018 ini, Piala Presiden dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 16 Januari 2018. Partai pembuka akan menghadirkan Persib Bandung melawan Sriwijaya FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo diagendakan untuk hadir langsung membuka turnamen tersebut.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here