Sekarang Masjid di Kota Bandung Bisa Cuci Karpet Gratis

1
1178
Photo Source: detikcom

InfoBandung,- 

Sebanyak 1.000 masjid yang tersebar di Bandung Raya kini bisa menikmati fasilitas cuci karpet gratis melalui Program Cuci Karpet 1.000 Masjid Gratis se-Bandung Raya. Program ini merupakan inisiasi dari relawan Tim Beberes Masjid dan Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Seperti yang diberitakan laman Detikcom, Program Cuci Karpet 1.000 Masjid Gratis ini akan melayani masjid yang memerlukan jasa mencuci karpet. Nantinya tim ini akan mendatangi masjid yang membutuhkan jasa tersebut untuk mengambil karpet dan mengantarkannya kembali ketika karpet tersebut sudah bersih.

Ketua DMI Jawa Barat Zulkarnaen mengatakan program tersebut berawal dari pengalaman Dewan Keluarga Masjid yang menitipkan karpetnya untuk dicuci di tempat cuci umum berbayar (laundry). Namun saat selesai, pada karpet tersebut ditemukan banyak bulu yang menempel.

“Begitu diambil kok banyak bulu. Kita tidak tahu apa ini bulu kucing atau anjing. Kalau anjing, ya najis,” ujar Zulkarnaen.

Ide untuk menyediakan fasilitas mencuci karpet gratis pun sampai ke Bank Mandiri Syariah (BSM). Hingga akhirnya BSM pun memberikan bantuan berupa penyediaan alat dan biaya operasional untuk program tersebut.

“Jadi ini bukan cuci biasa. Karena dijamin cuci karpet ini halal dan suci. Sebab dicuci langsung dan menggunakan alat yang dikhususkan untuk karpet masjid,” ucapnya.

Bagi pengurus DKM yang berencana untuk mencuci karpetnya melalui program ini, pengurus DKM bisa mendaftar untuk mendapatkan nomor antrean. Setelah mendapat giliran, pihak relawan akan mengambil karpet tersebut di masjid.

Nantinya karpet tersebut akan dibawa ke Masjid Al Hidayah untuk dilakukan proses pencucian hingga pengeringan oleh Tim Relawan Bebersih. Setelah selesai maka karpet akan dikembalikan ke masjid asal.

“Semua proses dilakukan di sini (Al Hidayah) mulai dari cuci hingga kering. Insyaallah untuk masjid kecil selesai dalam satu hari. Kalau masjid besar kemungkinan dua hari,” ujar Ketua Tim Relawan Bebersih Agus Yahya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here