Sistem Sewa Sepeda oBike Kini Hadir di Kota Bandung

0
724
Photo Source: obike.indonesia

InfoBandung,-

Kabar gembira nih untuk warga Bandung dan para wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung. Saat ini, Kota Bandung memiliki fasilitas transportasi berbasis aplikasi yang ramah lingkungan. Fasilitas tersebut bernama oBike yang baru saja diluncurkan pada Rabu (20/12/2017) di Taman Sejarah Bandung.

oBike adalah sebuah platform sepeda tanpa stasiun pertama yang berasal dari Singapura. Aplikasi ini sangat mudah diakses, nyaman dan ramah lingkungan. Dengan teknologi terbaru, oBike dapat memberikan keakuratan lokasi yang memungkinkan para pengguna sepeda dengan mudah mengindentifikasi oBike terdekat.

Baca juga: Bus Damri Jadul akan Kembali Berjalan di Kota Bandung
Baca juga: 7 Tempat Wisata Murah di Kota Bandung

Cara menggunakan oBike cukup mudah, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi oBike di apps Store atau Play Store, lalu top up saldo yang ada di ATM maupun kartu kredit.

Saat ini di Kota Bandung jika ingin menggunakan oBike cukup mendatangi hotel yang menyediakan fasilitas oBike. Pengguna harus membeli sebuah voucher untuk menggunakan fasilitas sepeda. Setelah itu, oBike bisa digunakan dan disimpan dengan mudah pada shelter yang telah disediakan.

Untuk sementara ini, shelter atau stasiun oBike yang tersedia di Kota Bandung baru terdapat di beberapa hotel yang terintegrasi dengan Indonesia Hotel General Manager Association Chapter Parahyangan (IHGMA Chapter Parahyangan).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi Ruswandi berharap dengan hadirnya oBike di Kota Bandung ini dapat menekan angka penggunaan kendaraan bermotor di Kota Bandung dengan beralih kepada transportasi ramah lingkungan. Dunia sudah bergeser dengan perkembangan yang cukup pesat, bahwa penyelesaian kemacetan, degradasi lingkungan salah satunya dari kendaraan bermotor.

“Maka dari itu salah satu solusi yaitu bertransportasi public dengan bersepeda  atau jalan kaki. oBike hadir di Bandung untuk menumbuhkan budaya bersepeda,” ujarnya.

Didi juga berharap dengan hadirnya oBike dapat meningkatkan keinginan masyarakat Kota Bandung untuk menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi sehari-hari.

“Saya harap yang dulunya belum bersepeda, setelah hadir oBike bisa memutuskan untuk bersepeda dan membiasakan dalam aktifitas sehari-hari,” ujarnya.

Saat ini Kota Bandung merupakan kota pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas oBike.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here