Sudah Registrasi Nomor Ponsel Kamu? Begini Caranya

0
8196

InfoBandung,-

Pemerintah secara resmi memulai proses registrasi ulang SIM Card prabayar mulai Selasa (31/10/2017). Proses registrasi ulang ini berlaku hingga paling lambat tanggal 28 Februari 2018.

Terdapat dua cara untuk melakukan registrasi prabayar bagi pelanggan lama dan pelanggan baru. Kamu bisa melakukannya sendiri dengan cara mengirimkan SMS ke nomor 4444 dengan format NIK#NomorKK#. Untuk pelanggan lama, Kamu bisa mengetikan SMS ke nomor 4444 dengan format ULANG#NIK#NomorKK#.

Cara tersebut berlaku untuk provider Indosat Ooredoo, Smartfren, dan Hutchison 3 Indonesia (Tri). Untuk Kamu yang menggunakan Telkomsel, Kamu bisa melakukan registrasi melalui SMS ke nomo 4444 dengan format Reg(spasi)NIK#nomorKK# dan untuk pelanggan XL menggunakan format SMS Daftar#NIK#NomorKK.

Baca juga: Cara Terkoneksi dengan WiFi Bandung Juara

Selain registrasi melalui SMS, Kamu juga bisa menggunakan cara lain yakni dengan melakukan registrasi langsung di gerai masing-masing operator seluler. Jangan lupa untuk membawa KTP dan KK untuk sebagai data informasi registrasi ulang.

Registrasi nomor seluler ini wajib dilakukan bagi nomor SIM baru atau registrasi ulang nomor SIM yang selama ini Kamu gunakan.

Registrasi ini dilakukan oleh Pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika dengan tujuan untuk mensinkronisasi data pemilik kartu dengan Nomor Induk Kependudukan di Kementrian Dalam Negeri.

Selain itu, registrasi kartu seluler ini juga bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan kepada seluruh pelanggan pengguna jasa telekomunikasi dan memberikan perlindungan serta menghindari dari adanya spam, SMS yang tidak bertanggung jawab, dan tindakan penipuan.

Apabila pengguna nomor tersebut tidak melakukan registrasi sampai tanggal 28 Februari 2018, pengguna akan diberikan tenggan waktu selama 60 hari dengan nomor kartu yang akan diblok secara bertahap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here