Tambah Koleksi, Kebun Binatang Bandung Lahirkan Seekor Tapir Jantan

0
3133
Photo Source: Dokumentasi Kebun Binatang Bandung

InfoBandung,-

Kebun Binatang Bandung baru saja memiliki keluarga baru. Pada hari Jumat (28/7/2017) yang lalu, seekor tapir jantan lahir dari induknya bernama Novi (11 tahun) dan Willy (12 tahun). Dengan kehadiran anak tapir tersebut, kini koleksi tapir di Kebun Binatang Bandung menjadi 8 ekor yang terdiri dari lima ekor jantan dan tiga ekor betina.

Seperti diberitakan laman Pikiran Rakyat, dikatakan dokter hewan Kebun Binatang Bandung Dedi Trisasongko, anak tapir tersebut lahir secara normal dan langsung disusui oleh induknya. Kini tapir tersebut telah berusia 31 hari dengan bobotnya diperkirakan mencapai 8 kg.

“Kami biarkan secara alamiah di bawah pengasuhan induknya, jadi tidak ada treatmen khusus untuk anak tapir tersebut. Kami fokus pada induknya supaya sehat terus juga,” ujarnya.

Dedi mengatakan jika hewan tapir tergolong satwa langka di Indonesia. Saat ini populasi tapir bisa dibilang kritisi. International Union for The Conservation and Natural Resource (IUCN) pun mengatakan jika tapir saat ini dalam situasi terancam punah.

“Ini termasuk tapir malayan atau tapir Asia yang memiliki ciri khas bulu putih dari bahu sampai ekornya. Tapir ini berasal dari Asia Tenggara hutan hujan di Kamboja, Laos, Myanmar, dan Indonesia. Namun saat ini terancam punah karena banyak perburuan‎,” ujar dia.

Anak tapir di Kebun Binatang Bandung ini lahir dari indukan betina asal Ragunan dan jantan asal Kebun Binatang Bandung. Kedua indukan tersebut selama ini sudah melahirkan tujuh ekor tapir. Namun beberapa diantaranya dibarter ke Kebun Binatang lain seperti Taman Safari Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here