Tempat Makan Masakan Sunda Favorit di Kota Bandung

4
12162
Photo Source: resepmasakansunda.wordpress.com

InfoBandung,-

Ketika Kamu mengunjungi suatu daerah, salah satu hal yang paling wajib Kamu kunjungi adalah wisata kuliner yang khas di daerah tersebut. Begitupun di Kota Bandung. Sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, Kota Bandung memiliki banyak tempat makan yang enak termasuk sajian masakan Sunda yang notabene merupakan suku yang terdapat di Jawa Barat dan Kota Bandung ini.

Untuk menemukan sajian masakan Sunda di Kota Bandung pun bukanlah perkara yang sulit. Hampir di setiap daerah Kamu bisa menjumpai sajian kuliner Sunda. Tapi dari sebanyak itu, terdapat beberapa tempat makan Sunda yang selalu menjadi favorit bagi para wisatawan untuk mengunjunginya.

Agar memudahkan Kamu menemukan restoran-restoran tersebut, berikut Kami sajikan Tempat Makan Masakan Sunda Favorit di Kota Bandung.

Baca juga: 7 Restoran Korea Enak di Bandung
Baca juga: Tempat Makan Seafood di Bandung

1. Rumah Makan Ampera
Konon Rumah Makan Ampera ini adalah kepanjangan dari Amanat Penderitaan Rakyat. Saat jaman penjajahan dulu, RM Ampera ini sudah menyajikan masakan-masakan Sunda untuk para kamu pribumi. Sekarang RM Ampera sudah berkembang pesat dan memiliki banyak cabang yang berlokasi di beberapa titik di Kota Bandung. Bumbu ayam gorengnya yang meresap serta rasa sambalnya yang menjadi ciri khas menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencari hidangan kuliner Sunda untuk mengunjungi RM Ampera.

RM Ampera saat ini bisa Kamu temui di lokasi berikut ini:
– Dewi Sartika Nomor 8
– Dipatiukur Nomor 51
– Raya Lembang Nomor 270
– Kopo Bihbul Nomor 88
– Setiabudhi Nomor 286
– Gading Tutuka Soreang
– Kepatihan Ciguriang Nomor 11 A

2. Bancakan
Tempat makan masakan sunda favorit di Kota Bandung selanjutnya adalah Bancakan. Berlokasi di Jalan Trunojoyo nomor 62, Bancakan menawarkan konsep makan masakan Sunda ala jaman dulu, mulai dari alas makan dan minum yang terbuat dari bahan dasar kaleng. Disini Kamu juga bisa menikmati masakan Sunda secara prasmanan termasuk pilihan nasi liwet, atau nasi putih biasa. Tidak hanya itu, Bancakan juga menawarkan sajian kuliner tradisional Sunda lainnya yang sayang jika Kamu lewatkan.

3. Sindang Reret
Rumah Makan Sunda Sindang Reret merupakan bagian dari grup usaha yang sangat terkenal di Bandung seperti Hotel dan juga Restoran. Sindang Reret juga menyediakan tempat untuk peristirahatan bagi para wisatawan yang ingin bermalam. Rumah Makan Sunda Sindang Reret bisa dijumpai di Jalan Surapati Nomor 53.

4. Sambara
Rumah Makan Sunda Sambara menghadirkan konsep masakan Sunda yang modern. Sambara juga dikenal memiliki sajian masakan Sunda yang enak dan cukup terkenal di kalangan para wisatawan yang mengunjungi Kota Bandung. Untuk mengunjungi lokasi ini Kamu bisa mengarahkan tujuanmu ke Jalan Trunojoyo Nomor 64.

5. Alas Daun
Beralamat di Jalan Citarum Nomor 34 Bandung, restoran Alas Daun menawarkan konsep cara menikmati sajian kuliner Sunda tanpa piring. Jadi jangan kaget jika Kamu mengunjungi restoran Alas Daun ini tidak akan menemukan piring sebagai alas makannya. Restoran Alas Daun bisa Kamu kunjungi di Jalan Citarum nomor 34.
Jalan Citarum Nomor 34

6. Ma Uneh
Rumah Makan Ma Uneh merupakan salah satu tempat makan masakan Sunda yang populer di Kota Bandung. Disini Kamu bisa menikmati kelezatan masakan Sunda yang sangat nikmat. Rumah Makan Ma Uneh bisa Kamu temukan di Jalan Pajajaran dan Jalan Setiabudhi.

7. Bumbu Desa
Salah satu rumah makan Sunda yang menjadi favorit di Kota Bandung selanjutnya adalah Bumbu Desa. Restoran ini sudah memiliki sekitar 50 outlet di seluruh Indonesia. Disini Kamu bisa menikmati sajian nasi putih, nasi liwet, atau nasi merah. Di Kota Bandung Kamu bisa mengunjungi Restoran Bumbu Desa di Jalan Laswi, Jalan Pasir Kaliki, dan Jalan Setiabudhi.

8. Dapoer Pandan Wangi
Rumah Makan Sunda selanjutnya yang bisa Kamu coba di Kota Bandung adalah restoran Dapoer Pandan Wangi. Berlokasi di Jalan Patuha nomor 38, Kamu bisa memiliki untuk makan di atas meja makan berbahan kayu atau lesehan.
Jalan Patuha Nomor 38

9. Rumah Makan Cikawao
Rumah Makan Cikawao menghadirkan menu masakan Sunda jaman dulu. Rumah makan ini merupakan salah satu Rumah Makan Sunda legendaris di Kota Bandung. Sejak berdiri pada tahun 1950-an, Rumah Makan Cikawao saat ini dipegang oleh generasi ketiganya. Meskipun begitu cita rasa masakan Sunda khas Rumah Makan Cikawao masih tetap terjaga. Disini Kamu bisa menikmati beragam sajian masakan Sunda seperti semur jengkol, karedok leunca, dan cobek genjer.

10. Sari Sunda
Rumah Makan Sari Sunda pertama kali buka di Bandung pada tahun 1992. Saat ini Sari Sunda sudah memiliki tiga cabang. Arsitektur bangunan Rumah Makan Sunda ini memiliki bangunan yang luas, dengan bergaya Sunda yang kental dan memiliki area bermain untuk anak-anak. Kamu bisa menyantap makanan sambil duduk di saung-saung yang tersedia di tengah taman yang luas dan asri. Kamu bisa mengunjungi Rumah Makan Sari Sunda di lokasi berikut ini.
– Soekarno Hatta Nomor 479 B
– Dr. Setiabudhi Nomor 86-88
– Lengkong Besar Nomor 69

11. Laksana
Berlokasi di Jalan Soekarno Hatta nomor 395, Rumah Makan Laksana menjadi salah satu restoran masakan Sunda yang terkenal di Kota Bandung. Konsep penyajiannya mirip dengan rumah makan Padang, dimana pada suatu meja maan disajikan berbagai menu Sunda yang bisa disantap.

12. RM Sedep Malem
Restoran ini menempati sebuah bangunan yang cukup luas dan suasana yang asri. Kamu bisa menikmati sajian masakan Sunda dengan cara lesehan di gazebo-gazebo yang disediakan disini. Sajian sambalnya menjadi salah satu daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi rumah makan ini. Rumah Makan Sedep Malem bisa Kamu kunjungi di Jalan Burangrang Nomor 11.

13. Ayam Goreng Nikmat Panaitan
Restoran Ayam Goreng Nikmat Panaitan terdapat di Jalan Panaitan nomor 9. Disini Kamu bisa menikmati sajian ayam goreng dengan bumbunya yang khas. Selain itu, yang menjadi cirri dari restoran ini adalah penggunaan arang sebagai bahan bakar penggorengannya.

Itulah beberapa tempat makan masakan Sunda favorit di Kota Bandung. Yang mana favoritmu?

4 COMMENTS

  1. RM Sunda SOTO TETEH jalan Pagarsih 172 Bandung,, ayam goreng nya ga ada dua nye cobain pasti ketagihan deh 😋

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here