Tips Berbelanja Menjelang Hari Raya

0
1136

InfoBandung,-

Menyambut hari raya Idul Fitri yang akan tiba beberapa saat lagi, tentu saja akan dimanfaatkan para kaum muslimin untuk merayakannya dengan berkumpul bersama dengan keluarga dan kerabatnya.

Momen hari raya Idul Fitri juga kerap dimanfaatkan sebagian orang untuk berbelanja, mulai dari kebutuhan fashion, hingga kebutuhan sehari-hari.

Nah untuk menyambut musim berbelanja menuju hari Raya Idul Fitri, ada beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk Kamu sekalian. Mari kita simak bersama.

1. Buat Daftar Belanja Terlebih Dahulu
Sebelum anda meninggalkan rumah untuk berbelanja, ada baiknya anda membuat daftar keperluan yang akan dibeli. Tuliskanlah keperluan anda berdasarkan kelompoknya serapi mungkin

2. Tentukan Tempat Belanja Yang Akan Dituju
Pastikan dahulu tempat yang akan anda tuju untuk berbelanja. Jangan sampai ketika ditengah jalan anda kebingungan untuk mencari tempat tujuan berbelanja. Disarankan anda mengunjungi tempat belanja langganan anda. Karena dengan mengunjungi tempat langganan, biasanya anda sudah hafal letak dari barang yang anda cari. Sehingga akan menghemat waktu dan tenaga anda dalam berbelanja.

3. Hindari Berbelanja saat H-1 Hari Raya
Pada H-1 Lebaran, pusat perbelanjaan bisanya sangat penuh. Melebihi hari-hari sebelumnya. Stock barang yang dijual pun biasanya sudah menipis, sehingga besar kemungkinan untuk kita tidak kebagian barang yang kita cari. Selain itu, antrian di kasir pun sangat panjang. Tentu saja hal ini membuat kita tidak nyaman.

4. Bawa Uang Secukupnya
Bawalah uang secukupnya untuk membeli kebutuhan yang sudah didata sebelumnya. Disarankan untuk tidak membawa kartu kredit. Karena hal ini dapat membuat kita menjadi lebih tergiur untuk membeli barang yang sesuai dengan keinginan bukan kebutuhan.

5. Hindari Jalur Angkot
Tidak bisa dipungkiri jika penyebab kemacetan salah satunya adalah angkot. Nah untuk anda yang akan berbelanja hindarilah jalur trayek angkot, karena jalur tersebut dipastikan akan banyak ditemui angkot yang ngetem menunggu penumpang sehingga membuat lalu lintas dan emosi kita terganggu.

6. Sebaiknya Jangan Membawa Anak Kecil
Bagi anda yang memiliki anak kecil, mungkin lebih baik tinggalkan anak anda di rumah. Karena suasana yang penuh sesak dan ramai membuat anak kecil tidak nyaman sehingga akan mengeluarkan jurus rewelnya. Dengan begini, kekhusyuan berbelanja anda pun akan terganggu.

7. Teliti Sebelum membeli
Ini yang paling penting. Untuk membeli bahan makanan, perhatikan tanggal kadaluarsanya. Jangan sampai bahan yang kita beli tidak bisa dikonsumsi pada saat hari Raya nanti.

Nah itulah beberapa tips untuk Kamu yang akan berbelanja menjelang hari Raya. Semoga bermanfaat untuk menyambut hari kemenangan nanti.

Namun seperti yang sering pak ustad katakan, bukanlah barang baru yang menjadi ciri khas hari raya, melainkan hati dan ahlak lah yang harus baru, menjadi lebih baik.

Taqobalallahu minna wa minkum, Mohon maaf lahir dan batin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here