Tips Merawat Sepatu Kulit di Musim Hujan

2
1085

InfoBandung,-

Saat musim hujan tiba, sebaiknya jangan keluarkan sepatu kulit Anda. Musim hujan bisa jadi musim yang keras bagi sepatu kulit. Meski Anda mencoba menjaganya tetap aman, tapi musim hujan pasti akan memiliki dampak yang mendalam.

Namun, jika harus mengenakan sepatu kulit saat musim hujan, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut agar sepatu kesayangan Anda tak rusak ‘dimakan’ air.

1. Segera setelah tiba di rumah, lepaskan sepatu dan keringkan di suhu kamar.

2. Gunakan kain lembap dan lembut untuk menyeka kotoran dan minyak berlebih dari sepatu. Melakukan hal ini akan menjaga sepatu dari timbulnya noda.

3. Gosokkan kondisioner kulit dengan ujung jari Anda. Fokus pada daerah-daerah yang basah. Kondisioner kulit dapat dengan mudah dibeli di toko jahit atau kain lokal.

4. Letakkan sepatu kulit di tempat yang kering pada suhu kamar. Jangan menggunakan panas untuk mengeringkan kulit dengan harapan panas akan mengeringkan kulit lebih cepat. Sepatu kulit yang basah membutuhkan beberapa hari sampai benar-benar kering.

5. Jika beberapa bagian sepatu tampak sudah kering, Anda bisa kembali mengoleskan kondisioner kulit. Jangan terlalu berlebihan karena bisa membuatnya tampak berminyak. Pastikan bahwa Anda hanya menggunakan ujung jari Anda untuk menggosok kondisioner kulit ke daerah-daerah yang kering. Menggunakan alat pada kulit dapat menyebabkan kerusakan pada sepatu.

Tips dan peringatan

1. Pastikan Anda tidak mengekspos sepatu dengan bahan kimia ketika mencoba membersihkannya karena dapat merusak kulit. Hanya gunakan produk alami untuk membersihkan kotoran dan minyak dari sepatu kulit.

2. Gunakan kondisioner atau semir sepatu dengan gerakan melingkar.

3. Jangan pakai sepatu kulit basah sampai Anda memastikannya benar-benar kering.

4. Ketika Anda membeli sepatu kulit, pilihlah sepatu yang dilapisi dengan zat waterproof yang membantu menutup sepatu dari air.

5. Jangan pernah menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan sepatu kulit. Cara itu hanya akan merusak sepatu kesayangan Anda.

(Sumber)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here