Wisata Museum di Kota Bandung

0
10020
Photo Source: Instagram Bandung Planning Gallery

InfoBandung,-

Museum atau sebuah gedung yang digunakan sebagai tempat untuk memamerkan benda-benda yang patut menjadi perhatian umum, seperti peninggalan sejarah, senin, ilmu, barang kuno dan lain-lain. Di setiap daerah di Indonesia selalu memiliki museum dengan beragam benda yang dipamerkannya. Begitupun di Kota Bandung. Sebagai salah satu kota destinasi wisatawan lokal ataupun mancanegara, di Kota Bandung bisa ditemukan museum-museum dengan beberapa ilmu pengetahuan yang bisa didalamnya.

Berikut ini InfoBandung hadirkan informasi museum di Kota Bandung.

Baca juga: Destinasi Wisata Budaya di Kota Bandung

1. Museum Sri Baduga
Museum Sri Baduga terletak di jalan BKR nomor 185 Bandung. Di museum ini memiliki beragam jenis koleksi Geologika, Biologika, Etnografika, Arkeologika, Historika, Numismatika/Heraldika, Filologika, Keramik, Seni Rupa dan Teknologi. Menurut data dari bandungtourism.com, sebanyak 5.367 buah koleksi tersimpan di museum yang namanya diambil dari nama raja Sunda yang bertahta di Pakwan Pajajaran sekitar abad ke-16 Masehi ini. Koleksi tersebut tidak terbatas dalam bentuk asli, tapi juga dilengkapi dengan koleksi replika, miniatur, foto, dan maket.

Museum Sri Baduga
Jalan BKR No. 185

2. Museum Geologi Bandung
Museum Geologi Bandung adalah sebuah museum yang sudah menjadi bangunan bersejarah di kota Bandung, sehingga menarik minat banyak wisatawan. Museum yang dilindungi dan dirawat oleh pemerintah ini dibangun pada tanggal 16 Mei 1928 dan sempat direnovasi dengan dana bantuan dari Jepang sehingga saat ini tetap dalam kondisi baik sebagai tempat wisata yang layak dikunjungi di Bandung.

Mulanya Geologi berfungsi sebagai laboratorium dan tempat penyimpanan hasil penyelidikan geologi dan pertambangan dari berbagai wilayah di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, museum yang dirancang oleh arsitek asal Belanda ini memiliki sarana pendidikan, penyedia berbagai informasi tentang ilmu kebumian, dan tentu saja menjadi objek pariwisata. Di museum ini terdapat materi-materi geologi, seperti fosil, batuan, mineral, dan lainnya. Materi-materi tersebut terkumpul sejak tahun 1850.

Museum Geologi
Jalan Diponegoro No. 57

3. Museum Konperensi Asia Afrika
Museum Konferensi Asia Afrika merupakan salah satu museum yang berada di kota Bandung. Terletak di Jl.Asia Afrika No.65. Museum ini merupakan memorabilia Konferensi Asia Afrika. Museum ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan Gedung Merdeka. Secara keseluruhan Gedung Merdeka memiliki dua bangunan utama, yang pertama disebut Gedung Merdeka sebagai tempat sidang utama, sedangkan yang berada di samping Gedung Merdeka adalah Museum Konferensi Asia Afrika sebagai tempat memorabilia Konferensi Asia Afrika.

Museum Konperensi Asia Afrika
Jl. Asia-Afrika no. 65

Baca juga: Cara Terkoneksi dengan WiFi Bandung Juara

4. Museum Mandala Wangsit
Museum ini terdapat di sebuah gedung yang pernah digunakan sebagai markas Divisi Siliwangi yang pertama di Kota Bandung pada tahun 1949-1950 yang berlokasi di Oude Hospital Weg atau sekarang dikenal dengan nama Jalan Lembong.

Sebagai markas militer, pada tanggal 23 Januari 1950 gedung ini pernah menjadi sasaran utama serangan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) di bawah pimpinan Kapten Raymond Wensterling. Dalam peristiwa tersebut gugur sebanyak 79 Prajurit TNI/Siliwangi, termasuk diantaranya Mayor Adolp Lembong. Mengingat pentingnya pelestarian dan pewarisan nilai-nilai kejuangan 45 kepada generasi muda agar kesadaran serta penghayatan terhadap sejarah perjuangan bangsanya tetap utuh; maka Kodam III/Siliwangi memandang perlu untuk mendirikan Museum Mandala Wangsit Siliwangi.

Beberapa benda koleksi yang bernilai sejarah dari kurun waktu antara masa perjuangan kemerdekaan, masa perang kemerdekaan, dan masa selanjutnya yang berhubungan dengan perjuangan Divisi Siliwangi dan rakyat Jawa Barat umumnya terdapat di museum ini.

Museum Mandala Wangsit
Jalan Lembong No. 38

5. Museum POS Indonesia
Museum Pos Indonesia Berada di Jalan Cilaki No. 73 yang didalamnya membahas tentang sejarah dari mulai berdirinya Pos Indonesia. Koleksi Museum Pos Indonesia tidak semata-mata hanya di benda-benda pos dan telekomunikasi saja, melainkan memamerkan buku-buku, peralatan pos, visualisasi dan diorama kegiatan pengeposan.

Keistimewaan dari Museum Pos Indonesia yaitu sekitar 50 ribulembar perangko dari 178 negara dari tahun 1933 sampai sekarang. Perangko pun diletakkan didalam lemari kaca yang disebut vitrin. Salah satu barang Pos yang disimpan adalah Prangko dari berbagai Negera, yang jika di uangkan bisa mencapai millyaran rupiah.

Museum POS Indonesia
Jalan Cilaki No. 73

6. Museum Barli
Dalam perkembangannya, museum ini telah banyak pula memberi andil besar serta meningkatkan rasa cinta tanah air dan perkembangan seni budaya. Aneka ragam kegiatan yang diselenggarakan dalam ruang-ruang khusus, seperti: pameran karya seni rupa (dalam ruang pameran), penjualan karya pameran, diskusi, saresehan kesenirupaan dengan tema-tema beragam: sosial, budaya, ekonomi, dan IPTEK (ruang diskusi), penjualan kriya, souvenir, merchandise galeri, workshop dan pelatihan studio keramik dan lukis (ruang pelatihan), penerbitan berita-berita acara dan pendokumentasian.

Museum Barli
Jalan Prof. Dr. Ir. Sutami No. 97

7. Museum Pendidikan Nasional
Di Museum Pendidikan Nasional tidak hanya memberikan informasi mengenai sejarah pendidikan, namun juga memberikan beberapa informasi tentang wacana pendidikan di masa depan. Museum Pendidikan Nasional juga memiliki sesuatu yang unik, yaitu pada dinding luar museum ini terdapat uiran batik yang menampilkan keindahan yang melebihi ekspektasi.

Museum Pendidikan Nasional
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Jalan Dr. Setiabudi Nomor 229.

8. Museum Mainan
Museum Mainan adalah sebuah toko mainan yang sekaligus menjadi museum. Berawal dari perkumpulan para penggemar dan kolektor bernama Zero Toys yang kemudian berkembang menjadi toko dan museum mainan.

Museum Mainan
Jalan Sunda Nomor 39 A.

9. Bandung Planning Gallery
Wisata edukasi untuk mengetahui seluk beluk Kota Bandung pada masa lalu, dan masa kini. Dilengkapi dengan perangkat teknologi terkini, Bandung Planning Gallery dapat menjadi salah satu wisata edukasi yang wajib dikunjungi di Kota Bandung.

Bandung Planning Gallery
Jalan Aceh Nomor 36.

10. Museum Gedung Sate
Wisata edukasi tentang pembangunan Gedung Sate yang dahulu bernama Gouvernement Bedrijven ini. Selain dipandu oleh seorang guide, disini para pengunjung juga bisa mengetahui sejarah Gedung Sate dengan melalui teknologi visual digital dan video mapping canggih.

Museum Gedung Sate
Gedung Sate
Jalan Diponegoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here