Delapan Toko Roti Legendaris di Bandung

0
1222

InfoBandung,-

Apa yang ada di benakmu saat mendengar kata ‘roti’?

Ya betul, kudapan lezat yang dapat disantap segala waktu dan paling tepat menjadi teman ngopi. Apalagi ketika hujan turun, roti adalah teman setia pengganjal perut yang keroncongan karna suhu udara Bandung yang dingin belakangan ini.
Ngomong-ngomong soal roti, berhubungan sebentar lagi akhir pekan, bagi warga Bandung yang ingin menghabiskan musim hujan tahun ini sambil makan cemilan dan bernostalgia dengan suasana Bandung tempo dulu, berikut ini kami hadirkan delapan toko roti legendaris di Bandung.

1. Roti bakar Gang Kote (Roti Bakar Asli 234)
Jl. Jendral Sudirman (Gang Kote)

Menu andalan: roti bakar keju coklat super IDR 38.000
Roti bakar 234 atau Roti bakar Gang Kote ini cukup melegenda dan sebenarnya sudah memulai usaha bakar roti nya sejak tahun 1950-an namun pada tahun 1980 memutuskan membuat roti sendiri. Karna buatan sendiri, tekstur nya agak berbeda dari roti bakar sejenis.

Keunikan lainnya, proses membakar roti menggunakan arang yang menjadikan roti mengeluarkan aroma khas. Engga pake aluminium dan mentega ya. Itu mah jadinya roti goreng.

Hasil pembakaran roti memakai arang tadi membuat roti pada bagian luar yang garing, tetapi tekstur roti bagian dalam nya tetap lembut. Itu tanpa topping, kalau ditambah lagi isian berbagai pilihan yang meluber. Dijamin enak!

2. Roti Kukus Jl. Semar, Cicendo
Menu andalan: Roti kukus coklat kacang keju IDR 6.000
Perhentian toko roti berikutnya, Roti Kukus Jalan Semar, Cicendo Bandung. Roti kukus semar memiliki kelembutan roti yang nikmat. Proses kukus yang tepat, membuat roti kukus ini lebih enak disantap sembari ditemani segelas kopi susu warga Bandung. Hampir mirip dengan Roti Bakar Gang Kote, penggunaan keju parut sebagai isian membedakannya dengan keju yang dipotong tipis-tipis ala Gang Kote. Sebenarnya tersedia juga roti panggang bertekstur garing diluar. Tapi kami sarankan pesan Roti kukus nya. Juara!

3. Roti Gempol
Roti Gempol memang pol!
Menu andalah : Semua roti beragam versi nya enak
Daerah Gempol memang memiliki nilai sejarah yang tinggi bagi warga sekitarnya dan disini juga menawarkan roti tawar dan roti bakar yang ‘bersejarah’ untuk lidah kalian. Pilihan roti putih, gandum dan gandum havermut menjadi andalannya. Ada beberapa versi mulai dari manis, asin dan spesial. Harga Roti Gempol terbilang tidak mahal untuk roti tawar dihargai 10.000-an, Roti Bakarnya antara 8.000 (yang manis) dan 10.000 (asin). Buta warga Bandung yang mau kesini tetapi membawa rombongan, ada menu ‘rame-rame-nya’ namanya porsi Riungan (dibaca: kumpul atau banyak) yang dibandrol dengan harga Rp 32.000. Cocoklah kalau kumpul sama teman atau ajak keluarga nongkrong disini. Oya, waktu ideal datang kesini paling enak pagi-pagi karna ada pasar juga atau sore pas hujan. Pilih sofa empuknya ya warga Bandung!

4. Toko Roti Sidodadi
Menu andalan ; Kue Bangket
Selain roti, toko roti Sidodadi menawarkan aneka pilihan kue. Bagi warga Bandung yang ingin melipir dan mencoba roti serta kue nya, toko roti sudah mulai buka pukul 9 pagi hingga 19.30 malam. Tetapi jangan terlalu malam dan sore ya takut kehabisan karna Toko ini selalu penuh oleh pengunjung baik asli warga Bandung atau luar kota.
Toko Roti ‘Opa-Oma’ ini sudah berdiri sejak tahun 1954. Tempat opa dan oma jajan sambil malam minggu-an berlokasi di Jalan Otto Iskandardinata No.255. Pilihan roti klasiknya beragam, dan resep yang tidak berubah dari awal di dirikan agar rasa khas Roti Sidodadi tetap terjaga.

Wangi khas roti langsung tercium saat memasuki bagian dalam toko, aroma ini tersaji karna roti dibakar menggunakan arang. Roti Sidodadi juga terkenal bebas bahan pengawet. Soal harga sangat terjangkau ramah di dompet. Harga murah tetapi tidak menurunkan kualitas dari roti itu sendiri. Tekstur nan lembut, mungil sekali santap. Selain kue bangket, salah satu roti favorit kami : smoked beef keju Kisaran harganya Rp 4.100 roti coklat harganya Rp 3.100 & roti keju harganya Rp 3.200. Roti sosisnya pun sama. Sosisnya juga bukan sosis abal-abal. Asli sosis. Roti jadul macam roti gambang, roti krenten atau kismis, dan roti tawar frans, masih bisa kita temukan disini.

5. Roti Cari Rasa
Menu andalan : Roti Isi Campur (Keju,Kacang,Coklat, Keju, Strawberry)
Berikutnya ada Roti Cari Rasa yang terkenal sebagai toko roti yang melegenda di Bandung. Lokasinya di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Pasar Kosambi Bandung. Toko roti Cari Rasa menawarkan roti berbumbu dengan pilihan isian manis. Pertam berdiri pada tahun 1960, roti Cari Rasa mampu menyuguhkan roti bakar dalam kondisi hangat, cocok sekali menjadi kudapan di musim hujan.

6. Roti Sumber Hidangan
Tahun ini usia tokonya sudah 90 tahun. Menawarkan pilihan menu roti klasik yang katanya cita rasanya tidak pernah berubah sejak tahun 1929. Nama toko ini awalnya Snoephius lalu berganti menjadi Roti Sumber Hidangan. Toko roti ini termasuk paling tua dari daftar toko roti legendaris di Bandung, karena dibangun pada masa penjajahan Belanda sehingga beberapa menu rotinya (masih) ditulis dalam Bahasa Belanda, misalnya saja kaastaok. Bagi yang ingin melancong kesini, toko roti ini berlokasi di kawasan Braga sebagai titik jaya ‘Parijs Van Java’ dan buka mulai pukul 08.00 pagi hingga 15.00 sore.

Pilihan roti disini hampir semua khas Belanda dan ikut terkenal sekitar setahun berdiri sekitar tahun 1930-an. Selain roti, ada beberapa barang lawas yang dijual disini. Untuk ragam pilihan roti terbaiknya bisa mencoba Zwieback, roti kering berlapis susu bercampur vanilla, kayu manis, pala dan bumbu rempah lainnya yang menjadikan roti berbeda. Rasa nya yang manis, melalui proses rumit dipanggang dua kali, dan hasilnya harus kalian coba sendiri. Sulit ditulis lewat kata-kata. Rasakan juga Frou Frou Mocca, dua biscuit diisi krim mocca lalu ditaburi bubuk manis. Wah, toko ini memang surga bagi warga Bandung yang doyan cemilan manis.

Kretenbrood (roti kismis), roomsoes yang lezat dan roti lainnya bila perlu kalian coba satu persatu. Enak semua. Setelah bosan dengan yang manis, tersedia pula kue asin seperti risoles sagu dan kroket nya. Dijamin ‘meroket’ dalam lidah. Soal harga tidak perlu khawatir, , cukup terjangkau, mulai dari Rp 6.000 sampai Rp 25.000 saja

7. Roti Djie Seng
Tujuan selanjutnya, Roti Djie Seng yang sudah berdiri sejak tahun 1950. Toko ini menawarkan roti tawar dan aneka roti manis, uniknya warga Bandung dapat membeli roti dengan berkunjung langsung ke pabrik yang tersebar di tiga wilayah di Bandung, yaitu di Jalan Rajawali Timur, Jalan Terusan Pasirkoja 205 dan Jalan Astana Anyar No.13.
Jadi konsep pabrik dan toko jadi satu. Mirip toko dan ruko di kawasan Jalan Pecinan Lama atau Cibadak. Konsepnya jadul dengan struktur bangunan yang tidak banyak berubah sedari kali pertama berdiri.

8. Roti Braga Permai
Menu andalan : Cake vulcano Braga Permai
Sengaja saya taruh di paling bawah biar enggak kaya lokasi toko aslinya yang memang berdampingan bertetangga warga Bandung. Namanya Roti Braga Permai, pertama berdiri dikenal sebagai resto laris manis di kalangan meneer Belanda kala itu, jadi wajar ragam kue dan roti nya tidak sebanyak tetangganya yang sudah focus duluan di dunia pastry. Rasa rotinya pun dibuat membumi, berakulturasi – berasimilasi dengan lidah warga lokal, meski beberapa jenis roti masih asli khas Belanda. Patut dicoba makan roti ini disini, ada yang berbeda dari buatan Braga Permai, termasuk roti tawar yang dimakan berbarengan dengan es krim buatan rumah Braga Permai.

Selamat berburu roti warga Bandung!

Penulis: Franco Londah (Dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here