Hati-Hati Main Game Ini, Pamali!

1
914

InfoBandung,-

Satu lagi developer game asal Bandung, Jawa Barat; StoryTale Studios meluncurkan game berformat first person view bertajuk ‘’Pamali : Indonesian Folklore Horror’’. Tak ingin kalah atau mengekor dari suksesornya, Digital Happiness melalui game horror “DreadOut pada tahun 2014 lalu. Meski tema yang diangkat masih sama, Unsur – unsur kebudayaan dan kepercayaan mayoritas suku Jawa dan Sunda sangat kental. Diilis resmi dalam format Beta pada tanggal 31 Juli 2018.

Dalam game ini, StoryTale Studios ingin mengenalkan budaya pamali yang banyak dipercayai oleh masyarakat Indonesia. Pamali sendiri memiliki arti pantangan, apabila dilanggar akan membawa sial atau dampak buruk.

Pamali bisa juga disebut dengan pantangan dan terbagi menjadi tiga; pamali yang mendidik agar berhati – hati dan cermat dalam bertindak, pamali yang berhubungan dengan kelestarian alam dan satwa, dan terakhir pamali karna kaitannya dengan adat sopan santun / tata krama. Pada dasarnya, pamali diatur oleh adat, kebudayaan, kepercayaan dan kearifan lokal tiap daerah masing-masing.

Kalau pamali ini dilanggar dapat berakibat beberapa hal. Antara lain, teguran orang-orang tua atau yang dituakan, hukuman adat, serta sanksi bersifat gaib. Misalnya, tiba-tiba kewarasannya hilang, berubah akal sehatnya, sulit mendapat jodoh, atau yang terburuk kematian mendadak.

Game “Pamali : Indonesian Folklore Horror” versi beta / demo, memberikan simulasi dengan karakter seorang pemuda bernama Jaka. Karakter dalam game ini, diceritakan datang kembali ke rumah orang tuanya yang sudah lama meninggal. Jaka berniat menjualnya namun harus terlebih dahulu membersihkan dan merenovasi rumah tersebut tanpa mengganggu makhluk halus di tempat itu. Karakter Jaka akan menemukan banyak benda aneh dan mistis selama misi berlangsung. Nantinya akan ada empat jalan cerita dengan jenis hantu yang berbeda. Hantu – hantu Indonesia seperti kuntilanak, pocong, tuyul, dan leak. Format terakhir, hanya cerita The White Lady saja yang dapat dimainkan dalam demoplaynya.

Layaknya game first person view, interaksi berperan penting. Hubungan antara karakter dan semua aspek di dalam game, akan berpengaruh pada informasi dan makna yang menentukan apakah berhasil atau tidak dalam menyelesaikan skenario. Lalu di akhir permainan akan muncul informasi hal apa saja yang kurang tepat dilakukan saat berinteraksi dengan objek-objek dalam game.

Detil suasana, dan hantu Indonesia membuat game ini semakin menyeramkan. Sounds yang mencekam, tata ruang dan grafis furniture menambah kesan yang membuat bulu kuduk merinding. Karakter Jaka sendiri berbicara dengan Bahasa Indonesia, tapi pihak developer menyediakan subtitle berbahasa Inggris sehingga gamers seantero dunia pun dapat memainkannya.

Meski game ini masih dalam tahap penggalangan dana, berita terbaru diperkirakan akan rilis pada akhir tahun 2018 lalu.

Jangan lupa berdoa, Silahkan dicoba, hati-hati main game ini warga Bandung. Bisi Pamali!

Website : http://pamali.story.co.id/index.html
Kickstarter : https://storytaledev.itch.io/pamali
Youtube Channel https://www.youtube.com/channel/UCeY6K3FhCDbDsmKSyZzSbNg
Steam : https://store.steampowered.com/app/854570/agecheck

dari berbagai sumber
Foto : http://pamali.story.co.id/index.html

Penulis: Franco Londah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here