Kolaborasi UI dan Unpad Cegah Kekerasan terhadap Anak melalui Program Konsultan Sebaya

0
516

 

Kekerasan terhadap anak secara verbal berupa bullying di sekolah semakin mengkhawatirkan. Hal tersebut dapat menimbulkan beragam akibat, mulai dari keengganaan untuk bersekolah hingga tekanan mental berujung depresi dan bahkan kematian. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat per April 2015, terdapat 6006 kasus kekerasan terhadap anak yang teridentifikasi. Kondisi ini mendorong teman-teman dari Action! #BreakTheChain untuk bergerak mencegah berlarut-larutnya masalah melalui program konsultan sebaya.

Action! - Poster 2

 

Action! #BreaktheChain merupakan bagian dari Young Southeast Asian Leaders Initiatives (YSEALI) yang digagas oleh 10 anak muda dari Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Padjadjaran (Unpad).

 

Program konsultan sebaya menjadi pembeda Action! #BreakTheChain dengan inisiatif-inisiatif serupa, karena anak-anak sendiri yang diberdayakan untuk menjadi agen perubahan dalam mencegah dan menghentikan kekerasan terhadap anak. Melalui kegiatan ini, anak-anak dibekali dengan pengetahuan tentang toleransi dan panduan untuk bertindak ketika terjadi kekerasan di sekitar mereka. Pembekalan bagi konsultan sebaya ini pertama kali akan dilaksanakan di Jakarta pada bulan Maret 2016 dan di Bandung pada bulan April 2016 mendatang.

 

Untuk menyampaikan pesan-pesan toleransi anti-kekerasan pada masyarakat, Action! #BreakTheChain juga berkampanye melalui sejumlah media sosial, seperti Twitter, Line, Instagram, dan Ask FM di @acttobreak. Peluncuran resmi Action! #BreakTheChain sendiri akan berlangsung pada 11 Maret 2016 di @america, Pacific Place, Jakarta dengan tema “Embracing Tolerance: An Action! towards Zero Violence in Indonesia”. Salah satu agendanya adalah pembacaan Deklarasi Anak Indonesia untuk Toleransi.

 

Dalam peluncuran resminya, akan hadir juga beberapa pembicara yaitu Diena Haryana dari Sejiwa, Fabelyn Baby Walean dari Sudah Dong, Wakil Ketua KPAI, Susanto, MA, serta duta antikekerasan. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here