Lima Manfaat Sarapan Pagi

0
619

InfoBandung,-

Pagi hari beragam aktifitas ditawarkan. Pilihannya, sesuaikan saja dengan kebiasaan, ada yang memilih tetap bugar dengan olahraga, membeli kebutuhan dapur yang segar di pasar tradisional, bersiap diri menuju kantor, antar anak sekolah dan hal lainnya. Satu hal yang penting, sarapanlah sebelum melakukan itu semua.

Sarapan adalah ‘kunci’ dalam menjalani aktifitas keseharian kita. Sejatinya manusia butuh asupan makanan bervitamin untuk lebih bertenaga menjalani hari. Coba bayangkan, kamu adalah motor, tentu butuh bahan bakar. Setelah malam yang lelap kamu tertidur, sarapan di pagi hari sejatinya’bahan’bakar’utama membantu menopang manusia untuk aktifitas penuh 8-12 jam kedepan. Selain makan siang dan makan malam.

Kita cermati lagi, tentang jumlah waktu yang mencakup makan malam dan tibanya waktu sarapan. Sebagian besar manusia, biasanya mengosongkan perut sekitar 12 jam dari makan malam terakhir. Ibarat berbuka puasa, idealnya setiap orang segera memberi asupan vitamin dan nutrisi yang tepat di hari berikutnya. Ada 5 manfaat yang sudah dirangkum agar kalian lebih paham lagi pentingnya sarapan di pagi hari, sila scroll dan lanjutkan artikel ini ya warga Bandung.

Berikut adalah 5 manfaat sarapan pagi untuk memulai hari :

    1. Berenergi untuk memulai hari

“Setiap orang wajib memulai hari mereka dengan asupan gizi yang tepat” begitulah kira-kira yang termuat dalam buku The Big Books of Breakfast. Mulai dari pilihan dengan menu yang umum, sampai mengandung stimulan alami yang hebat bagi tubuh kita. Dimulai dari telur, satu atau dua saja, mau digoreng atau direbus tidak memakan banyak waktu. Soal potensi, telur memiliki kandungan protein dan asam amino dengan sumber vitamin D tinggi. Kandungan deal untuk menyerap kalsium agar tulang lebih kuat. Lalu menu biji-bijian atau kacang-kacangan Bentuk padatnya bisa roti, sereal atau oatmeal. Pilihan ini termasuk terbaik dari kelasnya. Kekayaan serat dalam gandum, modal penting jantung sehat dan pencernaan lancar seperti ‘tol Cipali’. Berdasarkan penelitian, risiko penyakit jantung, kanker dan diabetes dapat dihindari dengan konsumi kacang serta biji-bijian. Tidak perlu keluar dana lebih banyak ke dokter bukan?

Berikutnya, ada vitamin C yang banyak terkandung dalam sayur dan buah. Buah jeruk, grapefruits dan apel. Sederhana iya, trio buah ini pilihan terbaik untuk booster vitamin C dalam tubuhmu. Musim pancaroba, cegah sakit dengan konsumsi saja buah dan sayur. Masukan mereka dalam menu sarapanmu mulai dari sekarang

  1. Lebih Fokus

Dimana pun kalian berada, ruang kelas, kantor, atau di jalan sekalipun, kalau perutmu keroncongan? apa yang ada di benakmu?

Makanan! Ya, benar. Hanya itu ‘surga’ yang terbayang tuk memanjakan perut kosong kita. Fokus kita buyar dengan membayangkan semangkuk hangat sereal, dengan tambahan yogurt segar, dan macam-macam topping buah berry dengan sedikit remahan biskuit. Menu ini dirasa mampu ‘merusak’ konsentrasi kita di ruang meeting. Ketika dituntut untuk fokus, sigap dan tegar mendengar omelan bos, deadline tulisan yang menumpuk, angka-angka statistik yang rumit. Malu rasanya, perutmu berbunyi ketika presentasi di ruang rapat dengan tatapan tajam klien dan boss yang uring-uringan. Sarapan mampu membantu fokus menjadi tiga kali lebih ekstra. Lebih produktif dan dinamis di pagi hari. Mulailah dari sekarang sahabat baik!

  1. Crankiness in the Morning

Mood swing dan bad mood di pagi hari? Hah, fifty-fifty soal ini. Tidak bisa disalahkan juga, karena manusia(wi) dengan beragam dinamika hidup, seperti stres pekerjaan, macet di jalan, peer yang tak sempat dikerjakan, akhir bulan, dan soal cinta. Kami yakin, kalian lebih memilih untuk berada di ranjang lebih lama dari biasanya. Enggan rasanya pergi ke kantor, ada serangan ‘amnesia’ dadakan serta linglung hal apa yang dikerjakan lebih dulu. Bukan soal baper dulu nih sahabat baik, itu ‘alarm’ alami kalian sedang kelaparan. Kembali ke manfaat pertama, 8-12 jam perutmu kosong, ditambah lagi deadline yang menumpuk, jika tetap bertahan dengan kondisi ini dan nekat pergi ke kantor; setiap orang akan melihat kalian seperti ‘beruang lapar’. Sesampainya di kantor, kalian adalah orang terakhir yang ingin didekati rekan kerja yang lain. Mereka takut ‘diterkam’.

Solusinya, mampir sebentar ke mini market, beli beberapa biskuit, olesi sedikit butter lalu santap. Akhiri dengan sebotol susu. Sudah lebih dari cukup. Hal kecil ini tidak membuat kalian cemberut dan mudah tersinggung sampai jam makan siang tiba. Kalau pun masih terasa mood swing dan bad mood level berat. Segerakan ke psikiater atau cari guru spiritual untuk ruqyah dan siraman rohani.

  1. Peningkatan Metabolisme

Sains mengatakan, ketika tidur proses metabolisme tubuh melambat. Untuk kembali ke seperti semula. Kuncinya sarapan sehat. Pembakaran kalori dimulai dari awal. Tidak di tengah saat jam makan siang. Jangan pula takut kegemukan. Toh, tidak teruji secara klinis sarapan penyebab gemuk. Secara medis, sarapan malah membantu tubuh membakar kalori 5 sampai 20 persen. Dibandingkan kalori yang terbakar dalam aktifitas seharian penuh.

5. Mencegah rasa lapar berlebih

Ketika tidur, kalori tidak terbakar banyak oleh tubuh kita. Makan terlalu larut, jelas membuat lipatan lemak bertambah. Efek lain, banyak tuimbunan lemak jahat yang mengendap. Masyarakat modern menambha lagi daftar pola makan, dengan istilah brunch (breakfast and lunch-red), pada tahap ini tubuh otomatis masuk dalam mode bertahan hidup. Lebih berbahaya lagi bukan? Sesuai dengan tema artikel kali ini, kuncinya adalah sarapan. Tidak melewatkan atau menundanya. Tidak perlu juga menyimpan kalori sia-sia dalam tubuh kita. 

ONE SHOULD NOT ATTEND, EVEN THE END OF THE WORLD WITHOUT A GOOD BREAKFAST – Robert A. Heinlen ( America Sci-fi Writer)

Penulis: Franco Londah
Sumber : buku The Big Books of Breakfast (2002) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here