Mitos Kado Yang Tidak Boleh Anda Hadiahkan pada Saat Imlek

0
2213

Perayaan tahun baru chinese merupakan perayaan yang sangat menyenangkan bagi yang merayakannya, karena membawa berbagai kemeriahan. Dalam perayaan Imlek, biasanya ada budaya untuk memberi kado pada keluarga atau kerabat. Namun, ada beberapa benda yang tidak boleh diberikan pada saat Imlek.

Berikut daftar Kado yang tidak boleh Anda berikan saat perayaan tahun baru Chinese:

  1. Benda Tajam

Kado berupa aneka benda tajam seperti gunting memiliki arti, si pemberi kado ingin memutuskan hubungan pertemanan dengan penerima kado.Karenanya sangat tabu, untuk memberikan aneka benda tajam untuk perayaan tahun baru.

  1. Payung

Kata payung dalam bahasa Mandarin sama pengucapannya dengan kata san, yang berarti putus hubungan.

  1. Benda yang Mengandung Angka 4

Jika ingin memberikan kado untuk imlek, jangan mengandung angka empat atau kelipatannya. Karena dalam Bahasa Mandarin empat (si), pengucapannya sama dengan kata mati dalam bahasa yang sama, meski kedua kata tersebut memiliki karakter huruf yang berbeda.

  1. Sepatu

Sepatu memiliki pengucapan yang sama dengan kata sial dalam bahasa Mandarin, meski kedua kata itu memiliki karakter huruf yang berbeda.

  1. Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan menandakan si pemberi kado, seakan menyampaikan kata perpisahaan. Mengingat memberikan aneka hasil kerajinan tangan biasa dilakukan saat warga Tiongkok datang ke pemakaman kerabat atau keluargannya.

  1. Jam

Jam merupakan salah satu benda yang sangat dilarang untuk dijadikan hadiah baik saat perayaan tahun baru maupun perayaan lainnya. Jam menandakan waktu, tepatnya menandakan habisnya waktu. Kata jam juga sama pengucapannya dengan kata untuk mengunjungi pemakaman. Maka memberikan jam sebagai kado, sama dengan kesialan, kematian.

  1. Buah Pir

Buah pir dalam bahasa Mandarin pengucapannya sama dengan kata meninggalkan.

  1. Bunga

Bunga potong biasa diberikan saat duka atau ke pemakaman, sehingga sebaiknya jangan memberikan bunga sebagai hadiah.

  1. Aneka benda berwarna hitam dan putih

Benda dengan kedua warna itu tabu dijadikan hadiah saat perayaan Imlek. Sebab, kedua warna tersebut biasa digunakan saat pemakaman. Bahkan membungkus kado dengan kertas berwarna keduanya juga ditabukan.

  1. Kaca

Benda terakhir yang tabu dijadikan hadiah saat Imlek adalah kaca, karena benda itu identik dengan pemanggilan setan atau hantu.

  1. Topi hijau

Jangan memberikan kado berupa kepada laki-laki. Topi yang bukan pilihan yang baik untuk hadiah. Menurut tradisi Tiongkok kuno, terlalu banyak hal-hal buruk terkait dengan topi. Misalnya, ketika orang tua meninggal, keturunan mereka harus memakai “topi bakti kesalehan”

  1. Obat

Pemberian obat kepada seseorang sebagai hadiah menyiratkan bahwa penerimanya akan jatuh sakit atau Anda menginginkan mereka sakit. Bahkan produk perawatan kesehatan pun tidak pantas diberikan  kepada orang lain jika mereka tidak berteman sangat akrab atau kerabat sendiri.

Source: infojakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here