Pahlawan Indonesia yang Diabadikan Menjadi Sebuah Film

0
605

InfoBandung,-

Untuk memperingati jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan Indonesia, beberapa tokoh pahlawan diangkat ceritanya dan diabadikan ke dalam sebuah film.

Berikut ini beberapa tokoh pahlawan Indonesia yang sempat difilmkan.

1. Toha, Pahlawan Bandung Selatan (1961)
Film karya sutradara Usmar Ismail ini mengisahkan tentang kepahlawanan seorang Mochamad Toha yang berhasil meledakkan gudang mesiu Belanda di Bandung. Film ini mengambil setting waktu saat peralihan kekuasaan dari Jepang ke Belanda dan beliau ingin berjuang agar NKRI segera merdeka.

2. Pahlawan Gua Selarong (1972)
Tokoh pada film ini adalah Pangeran Diponegoro. Di film ini merangkum tentang perjuangan Pangeran Diponegoro yang keluar dari Keraton dan ikut berperang memerangi pemerintah Hindia Belanda.

3. Tapak-Tapak Kaki Wolter Monginsidi (1982)
Film ini menceritakan tentang Robert Wolter Monginsidi, seorang pejuang asal Sulawesi yang memimpin gerilya di Makassar saat Revolusi Nasional. Tokoh Monginsidi ini diperankan oleh artis senior Roy Martin.

4. Tjoet Nya’ Dhien
Menceritakan tentang keberanian seorang Cut Nyak Dhien yang diperankan oleh Chrstine Hakim bersama pejuang Aceh lainnya dalam melawan Belanda. Film ini berhasil mendapatkan Piala Citra di tahun yang sama sebagai film terbaik.

5. Soerabaia 45 (1990)
Film ini merangkum tentang perlawanan rakyat Surabaya di bawah komando Bung Tomo melawan Belanda. Beberapa aksi heroik bisa ditemukan di film ini.

6. Sang Pencerah (2010)
Disutradarai oleh Hanung Bramantyo, Sang Pencerah menceritakan perjuangan K.H. Ahmad Dahlan dalam mengajarkan agama Islam dan menanamkan nilai juang untuk kemerdekaan NKRI. Film ini dibintangi oleh Lukman Sardi dan Zaskia Adya Mecca.

7. Soekarno (2013)
Sebuah film biografi tentang Bapak Proklamator Indonesia, Soekarno. Film ini diperankan Ario bayu sebagai Soekarno dan Lukman Sardi sebagai Hatta. Di film ini, Kamu bisa menyaksikan perjuangan Soekarno dari kecil hingga dewasa dalam dunia politik Indonesia melawan penjajah.

8. Sang Kiai (2013)
Menceritakan seorang KH. Hasyim Asyari yang berjuang menolak keras pendudukan Jepang di Indonesia.

9. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)
Artis Reza Rahardian terlibat dalam film ini sebagai tokoh utama memerankan HOS Tjokroaminoto. Film ini merangkum perjuangan HOS Tjokroaminoto dalam melawan penjajah dan berusaha memerdekakan Indonesia.

10.Jenderal Soedirman (2015)
Diperankan oleh Adipati Dolken, film ini mengisahkan perjuangan Jenderal Soedirman yang berjuang melawan Belanda yang pada saat itu menyatakan jika Indonesia sudah tidak ada sehingga terjadi Perang Gerilya yang dipimpin oleh Jenderal Soedirman.

11. Kartini (2017)
Diperankan oleh Dian Sastro sebagai Kartini dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo, film ini menggambarkan tentang perjuangan Kartini dalam mengemansipasi wanita.

12. Wage (2017)
Film ini mengangkat biografi seorang pencipta lagu Indonesia raya, Wage Rudolf Supratman. Mulai dari mengikuti pergerakan di Tanah Jawa dengan menjadi jurnalis yang menuliskan penderitaan Rakyat Indonesia selama penjajahan hingga menciptakan lagu Indonesia Raya yang menjadi Lagu Kebangsaan NKRI.

Itulah beberapa film yang mengangkat tokoh Pahlawan sebagai cerita. Kamu sudah nonton yang mana aja nih gaes?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here